8 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung, Gambar, dan Penjelasannya

8 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung, Gambar, dan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional / Sebagai propinsi yang tersusun atas pulau-pulau kecil, Bangka Belitung mempunyai potensi bidang wisata bahari dalam skala yang cukup besar. Nyaris semua pantai di provinsi ini bisa menjadi objek wisata unggulan dengan kualitas panoramanya yang khas. Selain itu, provinsi ini juga memiliki potensi wisata budaya yang secara sadar kita akui masih belum digali secara optimal. Misalnya saja dari beragam peninggalan budaya kebendaan seperti alat-alat musik tradisional Bangka Belitung yang detailnya akan kita bahas di artikel berikut.

Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

Suku Melayu yang menjadi mayoritas entitas di provinsi Bangka Belitung memiliki beragam alat musik tradisional yang sudah dikenal pula oleh masyarakat entitas Melayu di provinsi lainnya. Alat-alat musik tersebut misalnya dambus, rebana, gendang, rebab, ceklemong, gambangan, dan seruling.

 Sebagai propinsi yang tersusun atas pulau 8 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung, Gambar, dan Penjelasannya

1. Alat Musik Dambus

Yang pertama adalah Dambus. Dambus menjadi salah satu alat musik tradisional Bangka Belitung yang paling unik di antara jenis alat musik lainnya. Dambus nyaris menyerupai gambus khas Melayu, hanya saja dalam instrumen ini terdapat ornamen kepala rusa di bagian ujung tangkainya. Selain itu, jumlah dawai dalam Dambus juga hanya berjumlah 4 helai dawai, meskipun pada perkembanganya terdapat pula dambus yang mempunyai 6 helai dawai.

Dambus biasa dimainkan dalam prosesi tari-tarian adat khas Melayu seperti tarian penyambutan dan penghormatan tamu atau dalam hiburan acara-acara keagamaan. Dalam memainkan dambus, biasanya terdapat pula iring-iringan bunyi dari alat musik lainnya seperti rebana atau gendang Melayu.
Baca Juga : Pakaian Adat Bangka Belitung

2. Alat Musik Rebana

Untuk mengiringi irama dambus yang melodis, biasanya dimainkan pula rebana yang menghasilkan irama-irama ritmis. Rebana yang terdapat dalam alat musik tradisional Bangka Belitung ini juga memiliki model yang sama dengan rebana pada umumnya. Pada bagian tepinya terdapat logam-logam bundar yang disusun sehingga jika membran rebana ditepuk, logam-logam ini juga akan menghasilkan bunyi ritmis yang nyaring.

3. Alat Musik Gendang Melayu

Sekilas, bentuk gendang Melayu khas Bangka Belitung memiliki kesamaan dengan gendang Dol yang populer sebagai alat musik tradisional Bengkulu. Kayu rangka pada gendang ini sengaja dibuat cembung untuk menguatkan bunyi suara membraofon yang ditepuk.

4. Alat Musik Rebab

Rebab juga dikenal oleh masyarakat Melayu Bangka Belitung sejak lama, bahkan dianggap yang paling lama di antara jenis alat musik tradisional lainnya. Instrumen yang dimainkan dengan cara digesek ini dahulunya bahkan menjadi salah satu media pengobatan yang dilakukan para dukun atau bomoh untuk mengobati orang sakit.

 Sebagai propinsi yang tersusun atas pulau 8 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung, Gambar, dan Penjelasannya

5. Alat Musik Caklemong

Caklemong atau bila di Jawa disebut kenong adalah seperangkat gong gong dengan ukuran beraneka ragam yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan sepasang pemukul kayu yang berbalut kain. Instrumen ini umumnya dimainkan bersama-sama dengan alat musik tradisional Bangka Belitung lainnya seperti gong besar, gambangan, rebab, dan dambs untuk mengiringi tari lilin dan tari piring.
Baca Juga : Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara

6. Alat Musik Gong

Dalam adat Bangka Belitung, gong dengan diameter 1 meter yang digantung pada penyangga kayu biasanya dipukul beberapa kali untuk memulai suatu acara adat. Kendati demikian, dalam suatu pertunjukan seni musik instrumen ini jarang dimainkan karena bunyinya sangat keras.

 Sebagai propinsi yang tersusun atas pulau 8 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung, Gambar, dan Penjelasannya

7. Alat Musik Gambangan

Alat musik tradisional Bangka Belitung lainnya yang juga dikenal dalam budaya Melayu secara umum adalah gambangan. Instrumen ini tersusun atas 5 potong kayu dengan panjang berbeda. Masing-masing potongan kayu menghasilkan nada-nada melodis yang berbeda satu sama lain saat dipukul. Kayu yang digunakan untuk membuat instrumen ini juga ditentukan, yaitu hanya berasal dari kayu medang, meranti, atau kayu libut.

8. Alat Musik Seruling

Dan terakhir adalah seruling bambu. Seruling memang sudah sangat umum dikenal. Hanya saja, seruling khas Bangka Belitung ini dilengkapi dengan ornamen-ornamen hitam yang tersusun rapi.

Nah, itulah beberapa alat musik tradisional Bangka Belitung beserta gambar dan penjelasan cara memainkannya. Semoga dapat menjadi perhatian bagi kita untuk dapat terus melestarikan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita. Semoga bermanfaat!
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment