Kebudayaan Sumatera Barat

Iklan 728x90

Kebudayaan Sumatera Barat

Sesudah melihat dan berkenalan dengan kebudayaan dari Provinsi Sumatera Utara, kali ini kita akan berkenalan dengan kebuadayaan dari Provinsi Sumatera Barat yang masih berada di pulau Sumatera. Seperti biasa, kita akan melihat bentuk rumah adat, pakaian adat, tari-tarian budaya, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah. Berikut Uraian singakat dari budaya Sumatera Barat :
Rumah Gadang
1. Rumah Adat 

Rumah adata Sumatera Barat dinamakan Rumah Gadang. Rumah Gadang di Sumatera Barat yakni untuk tempat tinggal. Rumah tersebut sanggup dikenali dari tonjolan atapnya yang mencuat ke atas yang bermakna menjurus kepada Yang Mahakuasa Yang Maha Esa. Tonjolan itu dinamakan gojoang yang banyaknya sekitar 4-7 buah. Rumah Gadang memiliki 2-3 lumbung padi antara lain Si Bayo-bayo yang artinya persedian padi bagi keluarga dari rantau. Si Tinjau Lauik, padinya untuk diberikan kepada yang tidak bisa dan Si Tangguang Litak, padinya khusus bagi yang punya rumah.

2. Pakaian Adat

Kaum laki-laki dari Sumatera Barat menggunakan tutup kepala yang disebut saluak. Memakai baju model teluk belanga yang berlengan agak pendek dan melebar ke ujung. Selembar kain menyelempang di pundak dan sebilah keris terselip di depan perut. Ia juga menggunakan celana panjang dengan kain songket melingkar di tengah badan. Sedangkan wanitanya menggunakan tutup kepala bergonjang yang disebut tangkuluak tanduak, baju kurung dengan kain songket menyelempang di pundak dan berkain songket. Perhiasan yang dipakainya yakni anting-anting, kalung bersusun dan gelang pada kedua belah tangan, pakaian ini menurut adab Minangkabau.

3. Tari-tarian Daerah Sumatera Barat

a. Tari Piriang, sebuah tarian tradisional yang melambangkan suasana kegotongroyongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.
b. Tari Payung, ditarikan oleh pasangan muda-mudi dengan payung tangan, sang laki-laki selalu melindungi kepala sang wanita, sebuah perlambang santunan lelaki terhadap wanita.
c. Tari Kiek Gadih Minang, merupakan tari kreasi yang mendasarkan garapannya pada unsur-unsur gerak tari tradisi Minang. Tari kelompok ini menggambarkan kesibukkan gadis-gadis Minang di waktu subuh selagi berkemas-kemas menuju mesjid.
Tari Piriang
4. Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang amat populer di Sumatera Barat yakni Karih yang merupakan senjata tikam. Senjata tikam lainnya yakni belati, disamping tombak, ruduih yang disebut juga golok atau ladiang. Tombaknya yang berujung tiga disebut piarit.
Karih Sumatera Barat
5. Suku 

Suku dan marga yang terdapat didaerah Sumatera Barat yakni Mentawai, Minangkabau (Jambak, Guci, Piliang, Caniago, Tanjung, Pisang, Sikumbang, Panyalai, dan Koto).

6. Bahasa Daerah : Minangkabau, Melayu, dan lain-lain.

7. Lagu Daerah : Kampuang nan Jauah di Mato, Ayam Den Lapeh, Dayuang Palinggam dll.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment