Kebudayaan Papua Barat

Kebudayaan Papua Barat

Papua Barat merupakan provinsi yang terletak di wilayah Indonesia bab Barat Pulau Papua. Sebelumnya  provinsi ini berjulukan Irian Jaya Barat dan menurut UU No. 45 tahun 1999 pada tanggal 18 April 2007 Irian Jaya Barat resmi berganti nama menjadi Papua Barat. Seperti yang kita ketahui di Papua dan Papua Barat mempunyai banyak keunikkan tersendiri, aneka macam macam penduduk dan suku aslinya, alam nan indah serta rumah-rumah yang moral di Papua. Untuk kita menyerupai biasa kita akan mengenal dan mengulas budaya-budaya yang dimiliki oleh Provinsi Papua Barat.

1. Rumah Adat Papua Barat

Rumah moral Papua Barat yang diberi nama Rumah Kaki Seribu ini berada di TMII daerah anjungan Papua Barat. Rumah ini dibangun sebagai tempat memeragakan dan memamerkan aneka macam peninggalan budayanya menyerupai peralatan alat musik, pakaian adat, kerajinan tangan yg terdapat di Papua Barat dan lain sebagainya. Arsitektur bangunan ini bercorak Manokrawi. rumah moral ini merupakan rumah panggung yang mempunyai banyak tiang sebagai penopangnya. 

Rumah Adat Papua Barat di TMII
Namun, tolong-menolong rumah moral provinsi Papua Barat yang orisinil berasal daru suku Arfak, berjulukan Mod Aki Aksa (Lgkojei) yang berarti Rumah Kaki Seribu. Rumah moral yang orisinil atapnya terbuat dari daun jerami atau daun sagu dan kayu sebagai tiangnya. Tiang-tiang yang dibentuk ada yang pendek dan ada yang tinggi, tiang tersebut mempunyai kegunaan untuk melindungi diri dari musuh dan bahaya orang yang berniat jahat atau ilmu hitam. 
Rumah Adat Papua Barat Asli

2. Pakaian Adat Papua Barat

Pakaian moral di wilayah Papua Barat berjulukan pakaian moral Serui. Tidak jauh berbeda dengan pakaian moral yang ada di Papua, bentuk pakaiannya hampir sama baik laki-laki dan wanita. Model epilog tubuh bab bawah serta bajunya sama. Mereka menggunakan baju dan epilog tubuh bab bawah dengan bentuk yang sama. Hiasan didada dan kepala juga mereka kenakan  berupa kalung, gelang, hiasan burung cendrawasih pada bab kepala daln lain sebagainya.  Merupakan ciptaan gres yang tergambar pada bentuk pakaiannya. Perlengkapan yang dikenakan laki-laki pada dikala janji nikah biasanya pengantin laki-laki memegang perisai menyerupai panah atau tombah biar berkesan moral Papua.
Pakaian Adat Papua Barat

3. Tari daerah Papua Barat

- Tari Perang merupakan tari yang melambangkan kegagahan dan kepahlawanan masyarakat Papua.
- Tari Suanggi merupakan tari yang mengisahkan seorang istri yang mati akhir korban angi-angi (jejadian).


4. Senjata Tradisional: Pisau Belati yang terbuat dari tulang kaki burung, Panah dan Busur. Senjata ini dipakai untuk berperang atau berburu.

5. Suku: Suku Arfak, Suku Asmat, Suku Dani, Suku Mey dan SUku Sentan.

6. Lagu Daerah: Yamko Rambe Yamko, Apuse.

Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment