Danau Terindah Dan Paling Terkenal Di Indonesia

Iklan 728x90

Danau Terindah Dan Paling Terkenal Di Indonesia

Banyak keindahan alam hadir di Negara Kesatuan Republic Indonesia (NKRI), tidak hanya mempunyai keindahan pantai tropis, tetapi juga gunung dan danau yang memukau. Perasaan hening dan tenang serta rasa syukur apabila kita sanggup mengunjungi danau yang masih belum di sentuh oleh tangan pembangkang manusia. Air danau yang jernih dan tenang merupakan salah satu alasannya. Tuhan membuat semuanya untuk dinikmati insan dari generasi ke generasi.


Salah satu ciptaan-Nya yang menakjubkan yaitu danau. Tercatat ada 6 danau terindah dan popular di Indonesia:

DANAU TOBA

Danau Toba terletak di pegunungan bukit barisan, sumatera utara. Luasnya 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-asia tenggara dan luasnya lebih besar dari singapura [716 km]. Di tengah danau toba terdapat pulau berjulukan samosir.

Pulau tersebut sekiranya mendekati luas dari negara singapura dan mempunyai beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, menyerupai pegunungan dan air terjun. Diperkirakan danau toba terbentuk akhir letusan gunung berapi super sekitar 75.000 tahun yang lalu.

Di danau toba anda sanggup menikmati hamparan air yang jernih, pemandangan gunung-gunung yang indah, dan juga hawa yang sejuk. Sedangkan untuk penginapan di danau toba tidak perlu khawatir alasannya yaitu di sana banyak resor, hotel, dan penginapan biasa yang masing-masing menunjukkan pemandangan luar biasa.

DANAU SINGKARAK

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua sehabis danau toba. Danau ini berada di kabupaten solok, sumatra barat. danau yang mempunyai luas 107,8 m2 dan terletak di ketinggian 36,5 mdpl ini terletak di antara dua kabupaten, yaitu kabupaten solok dan kabupaten tanah datar. Konon, danau yang merupakan hulu sungai batang ombilin ini dulunya merupakan lautan luas. Selain populer alasannya yaitu keindahannya danau singkarak juga populer dengan ikan bilihnya. Ikan bilih merupakan spesies ikan yang hanya terdapat di danau singkarak, bahkan ikan ini tidak sanggup hidup di tempat lain selain di danau singkarak. Anda sanggup menikmati keindahan danau singkarak dengan menaiki sampan, bahtera motor, ataupun becak danau. Di danau singkarak ini pun kerap diadakan lomba dayung.

DANAU SENTANI

Sentani artinya “di sini kami tinggal dengan damai”. Danau Sentani merupakan danau yang terbesar di papua. Danau sentani terletak di kota sentani (ibukota Kabupaten Jayapura). Memiliki luas danau sentani sekitar 9.360 hektare atau 93.6 Km/segi, dimana danau ini juga mempunyai keunikan lain jikalau dibandingkan dengan danau di pulau lainnya, yakni dikawasan danau ini terdapat setidaknya 21 pulau dan dihuni sekitar 24 desa warga lokal.

Danau sentani ini juga mempunyai keaneka ragaman biota bahari dan binatang endemik papua. Salah satunya yaitu hiu gergaji atau hiu sentani, ikan gabus danau sentani, dan ikan pelangi merah. Apabila tengah berkunjung ke ibukota papua di jayapura, pandangan niscaya akan tertahan pada danau sentani. Sebelum datang di jayapura, danau sentani akan menyambut anda.

DANAU SEGARA ANAK

Ingat bagaimana keindahan danau ini diabadikan dalam uang penggalan Rp 10.000,00 keluaran tahun 1998?.  Danau Segara Anak yaitu danau kawah gunung rinjani. selain pemandangan yang indah, hal lain yang membuat danau segara anak menjadi Istimewa yaitu lokasinya yang berada di ketinggian, yakni pada ketinggian sekitar 2.010 mdpl.

Fakta tersebut membuat danau ini masuk ke dalam daftar salah satu danau tertinggi di indonesia.Uniknya di tengah danau ini terdapat sebuah gunung yang berjulukan gunung gres jari. Di sekitar danau segara anak juga terdapat beberapa sumber air panas. Masyarakat setempat mempercayai bahwa sumber air panas ini sanggup mengobati banyak sekali macam penyakit.

Para wisatawan sanggup mencelupkan kaki mereka di sumber air panas ini untuk menghilangkan lelah sehabis menempuh perjalanan yang cukup berat untuk mencapai danau segara anak. Selain itu, para wisatawan juga sanggup menginap di sekitar danau segara anak.

DANAU KALIMUTU

Danau Kelimutu terletak di pulau flores nusa tenggara timur, 54 kilometer di sebelah timur kota ende, waktu tempuh sekitar 2 jam. Danau kelimutu juga dikenal sebagai danau tiga warna. Selain alasannya yaitu tiap danau mempunyai warna yang berbeda, tetapi juga ketiga danau tersebut sanggup berubah warna setiap saat.

Danau kalimutu merupakan salah satu danau populer di indonesia bahkan sudah semenjak 1992. Mengapa begitu? pasalnya foto danau kelimutu telah dipakai oleh pemerintah sebagai gambar latar belakang pada uang kertas peacahan Rp. 5.000 edisi tahun 1992. Tentu kau masih ingat bukan dengan gambarnya?.

DANAU TONDANO

Danau Tondano merupakan sebuah danau pujian masyarakat manado yang mempunyai keindahan alam mempesona. Terletak diketinggian sekitar 684 mdpl membuat suasana disekitar tempat ini sangat sejuk, dengan luas danau tondano sekitar 4.278 hektare atau 42.78 km/segi menjadikannya ia sebagai danau terbesar di sulawesi utara. Danau tondano minahasa ini sungguh sangat layak untuk dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Padang-padang yang hijau semuanya melebar hingga ke tepi danau itu dan beberapa restoran bermenu ikan bakar sanggup ditemukan di tepi danau di mana anda sanggup menyantap banyak sekali macam ikan mas bakar yang siap dihidangkan dengan kangkung tumis. Jangan lupa juga untuk mencoba dabu-dabu, sambal pedas yang dibentuk dari irisan cabe, bawang merah, dan tomat.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment