Keindahan Pulau Raja Ampat

Iklan 728x90

Keindahan Pulau Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian ampat formasi pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat cuilan Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, Gugusan ini berada dibawah Kabupaten Raja Empat. 
Propinsi Papua Barat. Kepulauan ini kini menjadi tujuan para penyelam di seluruh dunia yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat formasi pulau yang menjadi anggotanya yaitu : 

Pulau Waigeo
Pulau Waigeo yaitu pulau yang berada di Papua Barat di cuilan timur Indonesia. Pulau ini juga di kenal dengan nama Amberi atau Waigiu. Pulau Waigeo yaitu pulau terbesar dari empat gugugusan pulau di Raja Ampat. Pulau ini berada diantara Pulau Halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 Km barat maritim Pulau Papua. Luas pulau ini 3155 km² dengan titil tertinggi 1000 meter. Jarak antara barat dan ke timur sekitar 110 Km serta utara ke selatan 50 Km. Kota Waisai terdapat dibagian barat pulau dan merupakan Ibukota dari Kabupaten Raja Empat.

Pulau Misool
Pulau Misool yaitu salah satu empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Indonesia. Dengan luas wilayah 2.034 km ² dan titik tertinggi yaitu 535 meter dengan kota utamanya Waigama pada titik koordinat 1 ° 53'41 "S 130 ° 5'1" E.

Pulau Misool  berbatasan pribadi dengan Pulau Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat erat dengan kota Sorong. Misool terbagi menjadi dua cuilan yaitu Misool timur selatan dan Misool barat.

Pulau Misool termasuk daerah segitiga karang dunia dengan puluhan ikan hias yang terdapat di dalam lautnya. Yaitu sekitar 75% ikan hias serta segitiga karang dunia juga terdapat di sini. Daerah ini juga mempunyai maritim lepas yang sangat luas sehingga menjadi jalur hewan-hewan besar menyerupai Ikan Paus dan Gurita.

Pulau Salawati
Pulau Salawati yaitu salah satu dari empat pulau di Kepulauan Raja Ampat di Propinsi Papua Barat, Indonesia. Pulau ini mempunyai luas 1.623 km².

Pulau Batanta
Pulau Batanta adalah salah satu pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat Propinsi Papua Barat, Indonesia. Pulau seluas  453 km ² 

Kekayaan Sumber Daya Alam

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia bahkan nomor satu untuk kelengkapan tanaman dan fauna bawah maritim pada ketika ini.

Dr.John Veron andal karang dari Australia menyampaikan "Kepulauan Raja Empat mempunyai tempat karang terbaik di dunia", dengan 450 jenis karang yang di identifikasi selama 2 pekan penelitian di daerah tersebut.   

Tim Ahli dari Conservation Internasional, The Nature Coservancy dan Lembaga Oceangrafi Nasional (LON), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melaksanakan penelitian pada tahun 2002, kesannya mereka mencatat terdapat 540 jenis karang keras (75% dari seluruh total di dunia), Lebih dari 1000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska dan catatan tertinggi bagi  gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menyebabkan 75% species karang dunia berada di Raja Ampat. 

Ada beberapa tempat Terumbu Karang yang masih sangat baik kondisinya. dengan persentase penutupan karang hidup sampai 90%. yaitu di Selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Type dari Terumbu Karang Di Kepulauan Raja Empat yaitu Terumbu Karang Tepi dengan kontur landai dan curam. 

Tetapi ditemukan juga type atol dan type gosong atau taka. Dibeberapa tempat menyerupai di Kampung Soundarek, ketika pasang surut tiba sanggup di saksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri karang tersebut sanggup tetap hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Species yang unik sanggup dijumpai pada ketika menyelam yaitu beberapa jenis Kuda Laut katai, Woobegong dan Ikan Pari Manta. Juga ada ikan endemik raja empat, yaitu Eviota Raja homogen Ikan Goobie. Di Manta Point yang terletak di Arborek selat Damper anda sanggup menyelam dengan di temani Ikan Pari Manta yang jinak. Jika Anda menyelam di cafe kiri atau Chicken Reef, Anda sanggup di temani ribuan ikan menyerupai ikan tuna, Giant Trevallies dan Ikan Sanppers. 

Yang lebih menegangkan bila kita di kelilingi Ikan Barakuda, walaupun relatif tidak berbahaya. Hiu karang juga sering terlihat dan bila anda sedang beruntumg anda juga sanggup melihat Penyu sedang membisu memakan Sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat menyerupai di Salawati, Batanta, dan Pulau Waigeo juga akan terlihat Dugong atau Ikan Duyung.

Akses Ke Kepulauan Raja Ampat
Mengunjungi pulau ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu usang dan biaya yang cukup besar, kita sanggup memakai perjalanan udara dengan maskapai penerbangan dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado selama 6 jam perjalanan. Dari Sorong dengan kota yang cukup besar dengan kemudahan yang sangat lengkap . 

Untuk menjelajahi Raja Ampat sanggup melalui Tur dengan bahtera pinisi atau tinggal di Resort Raja Ampat Dive Lodge. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang  ke Raja Ampat ketika ini yaitu penyelam, Sebenarnya tempat ini menarik juga bagi non penyelam sebab di Pulau Raja Ampat mempunyai pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah. Gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik menyerupai Cendrawasih Merah, Cendrawasih Wilson, Maleo Wagio, beraneka ragam burung abang bau tanah dan Nuri, Kuskus Waigeo serta beraneka ragam jenis Anggrek.               

Banyak penyelam menyampaikan bahwa buah tangan terbaik dari Raja Ampat yaitu dongeng pengalaman anda ketika mengunjungi Raja Ampat. Tentunya hal ini dengan menunjukkan tangkapan photo yang bagus. Akan tetapi bila tidak maka untuk tetap menciptakan sobat dan keluarga anda terhibur anda perlu membeli buah tangan untuk mreka menyerupai :

Patung Suku Asmat, Kain Tradisional, Alat Musik Tradisional.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait