Taj Mahal adalah sebuah bangunan moseleum di Agra, India yang sudah dikenal dan diakui sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Bangunan yang berwujud menyerupai masjid ini dianggap bangunan terindah yang pernah dibuat pada masa kekaisaran India. Selain itu, sejarah dibalik pembuatan bangunan ini ternyata juga sangat menarik untuk diketahui. Ingin tahu seperti apa kisah asal usul Taj Mahal tersebut?

Asal Usul Taj Mahal

Berdasarkan sejarah dan asal usulnya, Taj Mahal diketahui mulai dibuat pada masa kepemimpinan Kaisar Shah Jahan dari Kerajaan Mughal. Bangunan yang dibangun dengan memakan waktu 22 tahun, -yaitu sejak tahun 1631 hingga tahun 1653- ini merupakan bangunan yang dipersembahkan Kaisar Shah Jahan kepada istri ketiganya -Mumtaz Mahal- yang meninggal dunia saat melahirkan anak ke-14 mereka.

Taj Mahal adalah sebuah bangunan moseleum di Agra Asal Usul Taj Mahal dan Kisah Misterinya yang Romantis

Seperti diketahui bahwa kaisar Shah Jahan adalah kaisar kerajaan Mughal yang punya kekayaan berlimpah. Kecintaannya pada sang istri membuat ia sengaja menggelontorkan dana besar untuk membangun bangunan bersejarah yang memiliki banyak keunikan ini dan memulai sejarah asal usul Taj Mahal di masa depan.

Kaisar Mughal Shah Jahan sendiri merupakan keturunan generari ke 4 Kekaisaran Mughal. Ia adalah putra dari Jahangir dan cucu dari Raja Akbar yang agung. Shah Jahan dilahirkan pada tahun 1592 dengan nama Yudis Al Yusuf, setelah besar ia kemudian diangkat menjadi pangeran dengan gelar Pangeran Khurram.

Shah Jahan adalah seorang pemimpin besar yang sangat sukses dalam membangun kekaisarannya. Awal pertemuannya dengan Mumtaz Mahal bahkan dimulai ketika beliau tengah menginspeksi wilayah kekuasaannya. Tepatnya saat menyusuri Meena Bazaar, beliau bertemu dengan sosok gadis cantik yang tengah menjajakan manik-manik kaca dan kain sutra. Gadis yang bernama Mumtaz ul Zamani ini membuat Shah Jahan jatuh cinta pada pandangan yang pertama. [Baca : 5 Pusaka Sunan Kalijaga]

Pada saat itu, Raja Shah Jahan sebetulnya telah mempunyai 2 orang istri. Namun, karena paras Mumtaz yang begitu mempesona, ditambah dengan tutur kata dan tingkah lakunya yang indah, membuat sang raja tak pernah berpikir 2 kali untuk mempersunting gadis yang sebetulnya cucu dari bangsawan Persia bernama Arjumand Banu Begum ini. Mereka menikah di tahun 1612.

Taj Mahal adalah sebuah bangunan moseleum di Agra Asal Usul Taj Mahal dan Kisah Misterinya yang Romantis

Di tahun 1628, Pangeran Shah Jahan kemudian naik menggantikan ayahnya. Istrinya, Mumtaz ul Zamani pun dianugerahi julukan “Mumtaz Mahal” yang berarti “Jewel of the Palace” atau “Permata di Istana”. Julukan ini diberikan Raja Mumtaz sebagai wujud kecintaannya pada sang permaisuri. Permaisuri Mumtaz Mahal memang adalah wanita yang sangat dicintai Raja Shah Jahan. Kemanapun Sang Raja pergi, Mumtaz akan selalu diminta untuk menemaninya.

Kecintaan Raja Shah Jahan yang begitu besar pada istri ketiganya itu kemudian harus menemui badai pelik. Saat melahirkan anak ke 14 mereka, tepatnya pada tahun 1631 Mumtaz Mahal meninggal dunia. Di sinilah tepat sejarah asal usul Taj Mahal dimulai. Kepergian Mumtaz menjadi pukulan berat bagi Raja Shah Jahan. Dalam kepiluannya itu, Shah Jahan pun berjanji untu tidak akan menikah lagi. Ia pun bersumpah akan membangun sebuah makam yang sangat megah untuk istri kesayangannya itu. [Baca : Asal Usul Batik Indonesia]

Untuk mewujudkan sumpahnya yang kedua, Shah Jahan meminta Ustadz Ahmad selaku Menteri di Kekaisaran Mughal untuk merancang Taj Mahal. Sang Ustadz yang menerima titah, langsung bergerak cepat. Ia mengumpulkan 20.000 pekerja yang terdiri dari pengukir, tukang bangunan, tukang batu, dan tukang emas. Untuk arsiteknya sendiri Ustadz ahmad meminta Isa Muhammed untuk merancang bangunan ini dan mengambil bagian penting dalam sejarah asal usul Taj Mahal.

Awalnya Raja Janan menginginkan Taj Mahal dibuat dengan warna hitam. Warna hitam dipilih untuk mengenang kepedihan dan kesedihan yang dialami oleh Raja Janan setelah ditinggalkan istrinya. Namun keinginan raja Janan ini berhasil dicegah oleh putranya karena jika Taj Mahal dibuat dengan warna hitam, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan bahan pembuatannya akan semakin lama.

Taj Mahal adalah sebuah bangunan moseleum di Agra Asal Usul Taj Mahal dan Kisah Misterinya yang Romantis

Mulai dari tahun 1630 hingga tahun 1653, pembangunan taj Mahal terus dikebut. Sebanyak 44 jenis batu permata, seperti jed, kristal, berlian, topaz, dan nilam digunakan sebagai interior untuk memperindah Taj Mahal. Bangunan ini dibuat dengan pola simetris, di mana makam Ratu Mumtaz Mahal tepat berada di tengahnya.

Tahun 1653, masjid Taj Mahal selesai dibuat. Masjid ini berdiri megah dan kekuatannya begitu dahsyat. Sudah beberapa generasi terlewati, waktu yang datang silih berganti, terbukti tak berpengaruh pada kekokohan bangunan ini. Hingga akhirnya pada tahun 1983, Taj Mahal kemudian diresmikan menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO dan dimasukan ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia sampai saat ini.

Nah, itulah asal usul Taj Mahal mulai dari sejarah awal pembangunannya dan perkembangannya hingga saat ini. Taj Mahal adalah bukti cinta yang tak lekang oleh jaman. Bangunan ini menjadi perlambang keromantisan dalam biduk asmara sepasang kekasih. Untuk bisa mengetahui bagaimana sebetulnya sejarah asal usul Taj Mahal ini secara lebih lengkap, Anda bisa menonton serial Jodha Akbar yang disiarkan di ANTV. Serial itu diambil dari kisah nyata kekaisaran Mughal India pada masa lampau. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment