10 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya

10 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya

Berdasarkan jenis nada yang dihasilkan, alat musik dibedakan menjadi 3 macam, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Nah, jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh contoh alat musik melodis, di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tersebut dengan membahas pengertian alat musik harmonis beserta contoh contoh alat musik harmonis yang ada di sekitar kita.

Contoh Alat Musik Harmonis

Apakah yang dimaksud dengan alat musik harmonis? Alat musik harmonis adalah alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian harmonis untuk mengiringi suatu lagu. Karena menghasilkan bunyi-bunyian harmonis, maka jenis alat musik ini dapat memainkan 3 atau lebih nada secara bersamaan. Susunan-susunan nada yang dimainkan bersama tersebut sering disebut chord.

Oleh karena dapat menghasilkan nada, maka semua alat musik harmonis dapat berfungsi sebagai alat musik melodis. Akan tetapi sebaliknya, tidak semua alat musik melodis bisa dimainkan sebagai alat musik harmonis.

 jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh contoh alat musik melodis 10 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya
Alat musik harmonis adalah alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian harmonis (3 atau lebih nada secara bersamaan) untuk mengiringi suatu lagu.

1. Alat Musik Gitar

Contoh alat musik harmonis yang pertama adalah gitar. Gitar kerap dimainkan untuk mengiringi sebuah lagu dengan kunci-kunci khusus yang menghasilkan harmoni indah. Kunci atau chord-chord gitar memiliki aturan dawai mana yang harus ditekan dan mana yang tidak. Sekalipun demikian, gitar tetap bisa dimainkan untuk menghasilkan melodi. Buktinya dalam sebuah pertunjukan band, kita akan melihat 2 gitar yang dimainkan para personilnya. Satu berfungsi untuk menghasilkan melodi, dan satu lagi menghasilkan nada-nada harmoni.

2. Alat Musik Harpa

Harpa juga termasuk contoh alat musik harmonis. Instrumen yang dimainkan dengan cara dipetik ini menghasilkan nada harmoni ketika 3 atau lebih dawainya dipetik secara bersamaan. Sama seperti gitar, untuk menghasilkan nada harmonis, harpa juga dimainkan dengan aturan-aturan tertentu.

3. Alat Musik Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional khas Suku Rote di Nusa Tenggara Timur. Instrumen ini termasuk jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Untuk menghasilkan nada-nada harmonis, sasando juga dimainkan dengan sistem dan cara kerja yang sama seperti harpa.

4. Alat Musik Saksophone

Saksophone adalah alat musik harmonis dari jenis tiup. Untuk menghasilkan bunyi harmonis, tuts atau lubang saksophone ditutup menggunakan jari dengan aturan-aturan tertentu. Jenis alat musik ini adalah salah satu instrumen yang sering dimainkan dalam pertunjukan musik jazz.

5. Alat Musik Sampek

Sampek adalah alat musik tradisional Kalimantan khas suku dayak. Instrumen ini juga termasuk contoh alat musik harmonis. Ia tersusun oleh banyak dawai yang dipetik dengan aturan-aturan tertentu. hampir semua lagu daerah Kalimantan selalu diiringi dengan bunyi-bunyian harmoni dari alat musik ini.

 jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh contoh alat musik melodis 10 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya

6. Alat Musik Rebab

Rebab atau arbab adalah alat musik yang cukup populer di Indonesia di masa silam. Instrumen yang dimainkan dengan cara digesek ini diperkirakan berasal dari budaya Timur Tengah. Dikenalnya instrumen ini di Indonesia dipengaruhi sejak masuknya budaya Islam di nusantara.

7. Alat Musik Siter dan Cemplung

Siter dan cemplung adalah salah satu instrumen yang dimainkan dalam seperangkat gamelan Jawa. Alat musik ini mirip dengan kecapi khas Sunda hanya saja ia memiliki dawai yang lebih banyak. Siter dan cemplung dapat dimainkan untuk menghasilkan nada melodis atau harmonis tergantung cara memainkannya.

8. Alat Musik Piano

Piano adalah salah satu alat musik yang sangat populer di seluruh dunia. Instrumen yang dimainkan dengan cara ditekan ini dapat menghasilkan nada melodis dan nada harmonis. Untuk menghasilkan nada melodis, tuts piano ditekan satu persatu. Sementara untuk menghasilkan nada harmonis, 3 atau lebih tuts ditekan secara bersamaan.

 jika di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh contoh alat musik melodis 10 Contoh Alat Musik Harmonis, Gambar, dan Keterangannya

9. Alat Musik Pianika

Pianika memiliki sistem dan cara kerja seperti halnya piano. Bedanya, pianika memiliki pipa yang digunakan untuk menyalurkan udara sebagai sumber tenaga penghasil bunyi. Untuk menghasilkan nada melodis, tuts pada piano ditekan secara bersamaan dengan aturan tertentu.

10. Alat Musik Biola

Biola merupakan instrumen gesek yang lebih sering dimainkan untuk menghasilkan nada-nada melodis. Akan tetapi, kadang kali, terutama dalam pertunjukan musik klasik dan jazz, instrumen ini juga dimainkan untuk menghasilkan alunan harmonis lewat kunci dan chord-chord tertentu.

Nah, itulah 10 contoh alat musik harmonis beserta gambar dan penjelasannya. Jadi, dari pembahasan kali ini dapat disimpulkan bahwa alat musik harmonis selalu menghasilkan alunan harmoni dari 3 atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan. Semoga bermanfaat dan silakan baca artikel berikutnya tentang contoh contoh alat musik ritmis. Salam.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment