Pengertian Demokrasi Pancasila Singkat dan Lengkap

Pengertian Demokrasi Pancasila Singkat dan Lengkap

Pengertian demokrasi pancasila telah dijelaskan dalam banyak definisi. Misalnya definisi yang dikemukakan oleh Prof Dardji Darmo Diharjo, Prof Notonegoro, Kansil, serta definisi dalam Garis Besar Halauan Negara (GBHN), dan berbagai definisi yang ditulis dalam buku buku paket pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berada di sekolah sekolah hingga perguruan tinggi.

Dari segala definisi yang telah dikemukakan oleh berbagai pihak, secara umum demokrasi pancasila adalah suatu pahan demokrasi yang dimiliki oleh sebuah negara, di mana paham tersebut bersumber dari falsafah hidup bangsa yang digali dari kebribadian bangsa itu sendiri. Demokrasi pancasila ini merupakan demokrasi yang hanya dimiliki oleh negara Indonesia.

 Misalnya definisi yang dikemukakan oleh Prof Dardji Darmo Diharjo Pengertian Demokrasi Pancasila Singkat dan Lengkap

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa falsafah hidup bangsa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah Pancasila. Hal ini sesuai dengan prinsip prinsip demokrasi yang terkandung di dalam pancasila, bukan prinsip kediktatoran. Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang telah ditetapkan sejak sehari setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu tanggal 18 Agustus 1945. Maka, sangat tepat jika kemudian indonesia menganut sistem demokrasi yang didasarkan atas azas negara tersebut.

Demokrasi Pancasila Dalam Arti Luas

Pengertian demokrasi pancasila secara lebih luas dapat dijelaskan sebagai sarana atau alat bangsa yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan negara yang telah dirumuskan. Dengan mengacu kepada paham demokrasi pancasila ini, maka ke depan bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan sejahtera sesuai dengan yang diharapkan dari isi pancasila.
Secara lebih detail lagi, tujuan negara Indonesia telah dijelaskan di dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Rapublik Indonesia tahun 1945 pada Alenia IV. Di sana disebutkan bahwa tujuan negara adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Semua tujuan tersebut akan benar benar dapat terwujud jika dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara, negara memiliki dasar pancasila yang merupakan kunci utama untuk mencapai negara yang sejahtera. Oleh karena itu, pengertian demokrasi pancasila memiliki makna yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment