Latar Belakang Dan Negara Yang Mengakui Indonesia, Bagaimana Belanda ?

Iklan 728x90

Latar Belakang Dan Negara Yang Mengakui Indonesia, Bagaimana Belanda ?

Gambar Soekarno Dengan Pendiri Blok GNB Sebagai Upaya Memperkuat Kemerdekaan  Latar Belakang Dan Negara Yang Mengakui Indonesia, Bagaimana Belanda ?
Gambar Soekarno Dengan Pendiri Blok GNB Sebagai Upaya Memperkuat Kemerdekaan - MerahPutih.com

Mengakui kedaulatan sebuah negara ialah satu cara sebuah negara biar sanggup mendapat ratifikasi secara de jure dari negara lain. Secara rinci sebuah negara sanggup mampu tegak bangun disebabkan karna adanya 2 syarat yaitu syarat kontitutif dan syarat dekaratif. Negara harus mempunyai rakyat , wilayah ,dan dasar pemerintahan serta mendapat aturan ratifikasi internasional.

Latar Belakang

Infonesia ialah sebuah negara yang bangun pada 17 agustus 1945. Negara Indonesia resmi bangun secara de facto sehabis proklamasi dari Ir Soekarno dan sahabatnya. Barulah sehabis itu Indonesia mencari simpati kepada beberapa negara baik di benua asia afrika bahkan eropa untuk meraih ratifikasi dari negara lain.

Hal ini disebabkan oleh Agresi Militer yang dilakukan oleh Belanda pasca berdirinya Indonesia. Belanda ingin sekali menguasai Indonesia kembali disebabkan karna belanda yang ingin mengeruk sumber daya alam Indonesia.

Setelah itu belanda dan Indonesia saling berseteru untuk memperebutkan wilayah di Hindia Belanda. Kedua pihak kesannya akan selalu menciptakan resulolusi atau negosiasi sebagai upaya diplomasi mewujudkan perdamaian. Akan tetapi Belanda selalu tidak terima jikalau belum Hindia Belanda berada ditangan Belanda.

Walaupun pada kesannya belanda akan berhenti untuk menyerang Indonesia karna adanya peringatan dari amerika serikat kepada belanda mengenai penyalah gunakan Marshall Plan yang seharusnya dipakai untuk memperbaiki kehidupan ekonomi belanda yang terpuruk semenjak krisis Perang Dunia II .

Kata Kunci

  • Marshall Plan - Agresi Militer - Peundingan
  • Abdul Mun’im - Sovereneteietoverdracht - Belanda
  • 500 TON beras - Liga Arab - Mesir


Negara Yang Mengakui Indonesia

MESIR

Negara pertama yang mengakui kedaulatan baik kemerdekaan maupun kekuasaan ialah negara piramida.  Mesir ialah negara pertama yang mengakui Indonesia secara de facto dan de jure. Hal ini diarnakan alasannya ialah Mesir sudah menjadi negara yang merdeka dan sudah diakui oleh dunia internasional. Mesir mengakui Indonesia pada tanggal 22 Maret 1947.

Perjalanan Mesir untuk menjadi negara yang pertama dalam mengakui kemerdekaan Indonesia sanggup dikatakan sangatlah heroik. Hal ini dikarnakan Mesir harus menempuh blockade Belanda yang pada dikala itu Belanda melaksanakan Agresi Militer ke II pada Republik Indonesia tepatnya pada Ibu Kota Yogyakarta.

Pengakuan Mesir tersebut dilaksanakan oleh utusan konsul Bombay yang dipeintah untuk memberikan dokumen ratifikasi kemerdekaan Mesir kepada Indonesia oleh Mohammad Abdul Mun’im.

Maka secara de jure Indonesia ialah negara yang beraulat karna proteksi Mesir , dan negara yang tergabung pada Liga Arab. Masalah yang terjadi di negara Indonesia juga merupakan duduk perkara bagi negara yang mendukungnya dan duduk perkara internasional.

INDIA

India merupakan negara yang agamanya dominan Hindhu. India ialah negara yang selalu mendukung kemerdekaan negara Indonesia karna merupakan negara pemerhati Asia Afrika dan hal itu terjadi alasannya ialah adanya relasi bersahabat Pemerintah Indonesia Dengan India.

Jalinan sobat antara Indonesia dan india terikat semenjak masa peradaban kerajaan Hindhu dan Buddha. Hal ini terjadi karna negara Indonesia dan india melaksanakan perdagangan rempah rempah yang dilakukan melewati jalur sutra mencakup India, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaka , Jawa , serta China.

Pada masa kemerdekaan pun proteksi indonesia kepada india sangatlah kuat. Terbukti pemerintah indonesia yang melaksanakan pengiriman beras sebanyak 500 ton atau 500.000 KG kepada India karna bentuk simpati indonesia kepada india karna tragedi kelaparan yang menimpa india waktu itu.

Karna factor tersebutlah India menjadi negara yang selalu mendukung Indonesia lewat lembaga forum PBB dan mengecam agresi belanda berupa Agresi Militer kepada negara Indonesia. Hasilnya perdana mentri India, Jawaharlal Nehru berhasil mengumpulkan proteksi dari , Irak, Syiria,Suriah, Lebanon,Nepal dan negara lainnya untuk mendesak Belanda biar pergi dari wilayah RI.

VATIKAN

ya yang mengakui kemerdekaan Indonesia ialah Vatikan. Vatikan ialah negara pertama eropa yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Vatikan tercatat sebagai negara terkecil didunia karna hanya mempunyai wilayah sebsear 0.44 hektar. Selain itu vatikan ialah negara yang sangat populer dengan religiusnya dan bentuk kepemimpinan negaranya pun bukan presiden yakni oleh PAUS.

Dukungan vatikan kepada indonesia gres diakui secara de jure pada tahun 1950 sehabis mendirikan Aposotic Internunciatur di Jakarta. Bentuk dukunganpun kepada Indonesia ialah secara simbolik karna secara takdir masyarakat pribumi niscaya menolak bentuk penjajahan dari negara lain.

AUSTRALIA

Australia ialah salah satu negara yang mendukung kemerdekaan indonesia yang sama aktifnya dengan india. Akan tetapi Asutralia mendukung indonesia lebih didasarkan karna faktor politik dan faktor ekonomi. Beberapa faktor tersebut antara lain :

Pemerintah asutralia takut jikalau Indonesia berada pada kekuasaan belanda. Karna sudah terbukti bahwa belanda selalu gagal dari benturan jepang pada perang dunia II

Kehawatiran alasannya ialah kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh Indonesia dan Asutralia berkurang karna imbas Belanda oleh Indonesia.

Pada dikala terjadi Agresi Militer belanda II , dimana belanda melanggar perjanjian Linggajati Asutralia mengirimkan diplomatnya untuk menjadi wakil KTN ( Komisi Tiga Negara ) bagi indonesia yang berjulukan Richards Kirby. Akhirnya lahirlah perjanjian Renville yang menjadi awal penyerahan kedaulatan Belanda kepada Pemerintah Sipil Indonesia dan cikal bakal Negara Indonesia merdeka.

Bagaiamana Dengan BELANDA ?

Sebelum pada tanggal 16 Agustus 2005 , Belanda hanya mengakui kemerdekaan Indonesia sebatas penyerahan kedaulatan saja. Selama hamper 60 tahun Belanda tidak mengakui kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 karna apabila menganggap Belanda menganggap 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia, Agresi militer yang dilakukan belanda waktu itu dinyatakan illegal dan tidak bertanggungjawab.

Penyerahan kedaulatan Belanda kepada Indonesia dilakukan di Istana Dam , Amsterdam Belanda oleh Ratu Juliana kepada Ir Soekarno pada tanggal 27 Desember 1949. Peristiwa ini disebut sovereneteitoverdracht

Akhirnya melalui Mentri Luar Negri Belanda yang berjulukan Rudolf Bot kesannya belanda tetapkan untuk mengakui kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Demikian artikel mengenai latar belakang dan negara mana sajakah yang mengakui kedaulatan indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan koment dan share sebagai bentuk proteksi pada kami. Terimakasih

Jika sudah kalian baca, silahkan uji kefahaman kalian dengan menjawab soal di link ini

Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment