Latar Belakang, Dampak, Hasil Perang Hirau Taacuh Dan Tugas Aktif Indonesia

Iklan 728x90

Latar Belakang, Dampak, Hasil Perang Hirau Taacuh Dan Tugas Aktif Indonesia



Perang Dingin Adalah perang Antar Blok Komunis Dengan Blok Kapitalis  Latar Belakang, Dampak, Hasil Perang Dingin Dan Peran Aktif Indonesia
Perang Dingin Adalah perang Antar Blok Komunis Dengan Blok Kapitalis - Hukamnas.com

- Perang cuek atau cold war adalah perang pihak ketiga yang dilakukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat dalam perjuangan menyebar luaskan idelogi dari masing masing negara. Pasca perang dunia II , Pasukan sekutu jadinya berhasil memenangkan perang dengan mengalahkan pasukan fasis yang terdiri dari jepang, jerman dan italia.

Kata Kunci

  • Perang Dingin - Kapitalis - Komunis - GNB
  • Perang Dunia II - Eropa - Ir Soekarno
  • Marshall Plan - Jerman - Demokrasi


Latar Belakang

Setalah jerman kalah dan harus menandatangani perjanjian postdam, jadinya wilayah jerman dibagi menjadi 4 zona yaitu zona prancis, inggris ( United Kingdom ) , Amerika Serikat dan Uni Soviet. Lama kelamaan wilayah jerman hanya tersisa 2 cuilan yakni cuilan barat dan timur.

Wilayah jerman barat dipimpin oleh Amerika Serikat beserta sekutunya dan wilayah jerman timur dikuasai oleh Uni Soviet. Sejak ketika itulah muncul banyak sekali dilema antara kedua negara tersebut dan terjadilah perang yang melibatkan kedua pihak dan pihak ketiga.

Selain itu lahirnya negara negara gres hasil dari perang dunia ke II ibarat polandia, cekoslowakia, Hungaria,Austria yang kemudian akan menjadi perebutan dari kedua negara. Maka dari itu masing masing negara akan berusaha mempertahankan negara satelit dan meluaskan idelogi ke negara lainnya. Sasaran utamanya yaitu negara yang berkembang.

Dampak

Saat perang cuek sedang berlangsung, terjadi perkembangan kebudayaan, kehidupan dan teknologi yang super cepat. Hal ini dikarnakan tuntutan kebutuhan perang yang harus dilakukan. Beberapa imbas perang cuek yaitu sebagai berikut :

Bidang Politik

Dalam perang cuek , terjadilah kontradiksi idelogi yang sama artinya dengan politik pada sebuah negara. Amerika misalnya, sesudah perang dunia kedua Amerika selalu menyerukan pentingnya kehidupan deomkrasi pada sebuah negara. Bagi negara fasisme yang populer dengan keditaktoran jerman jepang dan italia pun mulai berkembang pesat budaya kapitalisme sesudah perang dunia kedua dimenangkan sekutu.

Sistem kapitalisme ini berbanding terbalik dengan system komunis yang dianut oleh Uni Soviet. Bagi Uni Soviet sebuah negara bisa sejahtera apabila pemimpin bisa pribadi turun tangan untuk menyeimbangkan kelas kelas sosial dan meyejahterakan rakyat dan buruh. Walaupun intinya harus dilakukan dengan tindakan paksa.

Bagi negara negara yang maju, maka kapitalisme akan berkembang pesat karna hak demokrasi dijamin dan kebebasan dalam bertindak tidak dibatasi. Sedangkan bagi negara berkembang maka akan lebih menganut sistem komunis hal ini disebabkan karna faktor ekonomi untuk memperoleh sumbangan baik secara ekonomi maupun militer oleh Uni Soviet.

Bidang Ekonomi

Dampak perang cuek sangat kuat pada bidang ekonomi. Amerika Serikat selaku negara yang kaya memperlihatkan sumbangan berupa pinjaman ekonomi kepada negara negara eropa yang disebut dengan Marhall Plan. Selain itu Amerika juga memperlihatkan pinjaman bersyarat ibarat pengembalian harus memakai dollar. Sejak ketika itu dollar digunakan dan terus diprediksi sebagai mata uang tunggal global.

Disisi lain blok timur mengalami perekonomian yang lambat. Hal ini terjadi karna kurangnya keterbukaan dan kerjasama dengan negara lain guna mendapat laba yang lebih. Sejak ketika itu Uni Soviet memperlihatkan kebijakan berupa sumbangan ekonomi yang merupakan tandingan dari Marshall Plan yakni Molotov Plan. Sejak ketika itu terjadi gejolak perekonomian yang besar diantara masing masing blok.


Perang Dingin Adalah perang Antar Blok Komunis Dengan Blok Kapitalis  Latar Belakang, Dampak, Hasil Perang Dingin Dan Peran Aktif Indonesia
Nuklir yaitu temuan senjata militer yang sangat pesat perkembangannya - clarin.com

Bidang Militer

Perebutan wilayah yang dilakukan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet semakin meluas. Akan tetapi target penting yang harus didapatkan yaitu wilayah eropa. Sejak ketika itu wilayah eropa cuilan barat seperti francis, United Kingdom,Belanda,Belgia ,Jerman barat dipimpin oleh Amerika sedangkan wilayah eropa timur ibarat Rumania,Bulgaria,Hungaria,Cekoslowakia,Polandia,Jerman Timur dikuasai oleh Uni Soviet.

Amerika bersama sekutunya memberntuk pakta pertahanan Atlantik Utara yang diberi nama NATO untuk membendung komunis di eropa dan Uni Soviet bersama negara satelitnya membentuk pakta pertahanan Warsawa yang berada di Kota Warsawa Polandia.

Bidang Teknologi Angkasa

Karna tidak puas dengan daratan sebagai wilayah perebutan, jadinya Uni Soviet dan Amerika Serikat saling berebut kekuasaan di luar angkasa dengan banyak sekali diluncurkannya satellite satellite angkasa.

Pertama Uni Soviet yaitu negara yang lebih dulu meluncurkan satellite dibanding Amerika Serikat. Satelite terseut diberinama SPUTNIK I dan SPUTNIK II. Karna Amerika Serikat tidak nrimo dengan perbuatan Uni Soviet jadinya Amerika membalasanya dengan meluncurkan satellite Explorer I dan Explorerr II.

Hasil Perang Dingin

Akhirnya Uni Soviet bubar alasannya yaitu presidan Mikhail Gorbachiv tidak bisa mengontrol negara negara satelitenya untuk berada dibawah kekuasaan. Melalui kebijakan perestoratika dan glanoost akhirnya malah menjadi boomerang bagi Uni Soviet.

Sistem yang digunakan pada Uni Soviet ketika itu malah menggandakan blok barat dan bertentangan dengan komunis. Pada tahun 1991 Uni Soviet dinyatakan bubar dan muncul negara gres ibarat Kosovo, Kroasia dan sebagainya.

Disisi lain Amerika menjadi semakin mayoritas di dunia dan terus menguasai pasar ekonomi global. Amerika bersama sekutunya terus melaksanakan banyak sekali upaya untuk tetap menguatkan kedudukan mereka. Peristiwa ini juga sering disebut oleh pemerintah negara indonesia sebagai wujud dari neokolonialisme atau bentuk penjajahan yang baru. Yaitu ketergantungan negara berkembang pada negara maju ibarat Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris.

Perang Dingin Adalah perang Antar Blok Komunis Dengan Blok Kapitalis  Latar Belakang, Dampak, Hasil Perang Dingin Dan Peran Aktif Indonesia
GNB yaitu gerakan internasional untuk menghindari ketegangan 2 blok terkuat di dunia - wp.telesurtv.net

Peran Indonesia Pada Perang Dingin

Indonesia yaitu negara yang ikut serta dalam perjuangan menjaga perdamaian internasional. Salah satu usahanya yakni dengan ikut serta menjadi bapak pendiri Gerakan Non Blok. GNB pun jadinya mencetuskan lima prinsip yaitu

  • Prinsip Untuk Saling Menghormati Wilayah Perbatasan
  • Prinsip Untuk Tidak Saling Menyerang
  • Prinsip Untuk Tidak Ikut Campur Urusan Dalam
  • Prinsip Untuk Saling Menguntungkan
  • Prinsip Untuk Berdampingan


Bersama negara pendiri lainnya yaitu Mesir, Yugoslavia, Nigeria dan India jadinya terjadi kesepakatan gres dari masing negara untuk tidak terlibat dalam perang ideology. Serta berfokus untuk menuntaskan dilema dalam negri ibarat kemiskinan, pendidikan, dan ekonomi guna mencapai kemerdekaan di banyak sekali segi kehidupan. Ir Soekarno yaitu wakil GNB yang selalu menyerukan betapa pentingnya kebebasan dan menentang bentuk penjajahan serta anti dengan kolonialisme.

Walaupun pada jadinya Peran Indonesia agak condong ke timur atau RRC dan indonesia mengalami banyak sekali pemberontakan ibarat pemberontakan PKI yang berlandaskan ideologi. Akan tetapi indonesia bisa bangun dan akhirya Indonesia bisa melanjutkan kembali sebagai negara yang berasaskan non blok.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan kepada pembaca yang berkaitan dengan perang dingin. Semoga apa yang saya sampaikan mempunyai hikmah dan motivasi untuk lebih menjaga perdamian dibanding perang. Dengan perdamaian kehdupan akan menjadi lebih baik tanpa adanya paksaan dari orang lain. Jangan lupa komen dan share sebagai bentuk dukungan dari pembaca. Terimakasih atas kunjungannya.

Sudah dengan bahan diatas, silahkan uji coba kemampuan kau dengan menjawab soal ini
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment