Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Iklan 728x90

Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya - Salah satu sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yaitu berasal dari prasasti. Isi prasasti memuat fakta penting mengenai berdirinya kerajaan Sriwijaya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penelitian sejarah. Beberapa prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya telah kami bahas sebelumnya. Jika kalian tertarik baca juga :
  1. Isi Prasasti Kedukan Bukit
  2. Isi Prasasti Kota Kapur
  3. Isi Prasasti Ligor
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit informasi mengenai isi Prasasti Palas Pasemah yang juga diduga merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya.

Isi Prasasti Palas Pasemah

Prasasti Palas Pasemah merupakan prasasti pada batu peninggalan Sriwijaya. Menurut sejarahnya, prasasti ini ditemukan di Desa Palas Pasemah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.
Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya  Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Prasasti ini memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jejak masa lalu, terutama bagi pada generasi muda. Prasasti merupakan sumber sejarah yang ditulis pada batu dan dibuat oleh raja yang berkuasa pada masa lalu.

Prasasti Palas Pasemah ditulis menggunakan bahasa Melayu Kuno dengan aksara Pallawa. Isi prasasti ini memuat 13 baris. Namun sangat disayangkan, tidak memuat informasi mengenai angka tahun. Namun berdasarkan penelitian terhadap bentuk aksaranya, prasasti palas pasemah diperkirakan dibuat pada akhir abad ke 7 masehi.

Isi prasasti Palas Pasemah sama seperti kota kapur, yaitu mengenai kutukan bagi setiap orang yang tidak tunduk dan patuh terhadap perintah atau kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. 

Baca Juga :
Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan Isi Prasasti Palas Pasemah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Terimakasih.

Sumber Foto : https://rebanas.com
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment