Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah

Iklan 728x90

Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah

Wisata ~ Dilihat dari segi budaya dan tata kota, sekilas ada kemiripan antara kota Solo atau Surakarta dengan kota Yogyakarta. Ada keraton, alun-alun, masjid, serta upacara sopan santun yang dilakukan pada hari-hari tertuntu. Kedua kota ini memang mempunyai catatan sejarah yang hampir sama.

Tak kalah dengan wisata Jogja, sejumlah objek wisata di kota Solo dan sekitarnya juga asik untuk dikunjungi ketika libur akhir pekan. Sebut saja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pandawa Water World yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika hari ahad atau tanggal merah.

Selain kedua daerah tersebut, masih banyak lagi destinasi lain dari mulai wisata alam, kuliner, museum, candi, hingga riam yang tak kalah menarik. Nah, kira-kira apa saja ya daerah rekreasi bagus yang ada di Solo Jateng? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Taman Cerdas Solo

Taman Kota yang indah dan manis nampaknya ketika ini sedang hapening di kota-kota besar pulau Jawa. Sebut saja Taman Bungkul yang menjadi ikon gres wisata Surabaya atau Taman Film di kota Bandung yang lagi ngehits.

Nah, ternyata kota Solo juga punya taman kota yang bagus banget lho guys, namanya Taman Cerdas Jebres (TCJ) yang terletak di Kelurahan Jebres di utara Solo Techno Park (STP) atau di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Spot menarik favorit wisatawan di taman ini bab taman yang berbentuk lorong penuh lampion dan lampu-lampu kecil. Disinilah biasanya para anak muda berfoto ria ala anak kekinian kemudian mengunggahnya di instagram.

Dengan semakin viralnya foto-foto Taman Cerdas di media sosial, sekarang sobat ini menjadi salah satu daerah wisata gres di Solo yang banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi lokasinya tampaknya akrab dengan stasiun kereta api solo.


Yang asyiknya lagi, tiket masuknya gratis lho guys. Jadi, kau sanggup puas-puasin deh bergaya untuk narsis di taman ini. Jangan lupa bawa kamera full baterai dan tongsis ya! Tak lupa yang penting jaga kebersihan dan keindahan Taman Cerdas.

Pandawa Water World

Pandawa Water World

Bagi kau yang akan liburan di Solo bareng keluarga dan anak-anak, Pandawa Water World sanggup menjadi pilihan yang tepat. Dengan 27 wahana air ibarat Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Aerated Spa, Warm Spa, hingga Sight Tower, waterpark ini akan menciptakan kau puas bermain air.

Oya, untuk lokasi daerah wisata air di Solo yang paling populer ini terletak di perbatasan antara kota Sukoharjo dan kota Surakarta. Tepatnya di Gedangan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Untuk harga tiket masuknya Rp.80.000,- per orang (weekdays) dan Rp.100.000 per orang (weekend). Jam buka waterboom ini mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Vihara Dharma Sundara

Vihara Dharma Sundara

Satu lagi spot manis daerah wisata di Solo yang instagramable banget, ialah Vihara Dharma Sundara. Tempat ibadah umat Buddha ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 24-B Pucangsawit, Solo Surakarta, Jawa Tengah.

Saat kau memasuki area vihara atau wihara yang luas ini, kau akan disambut dengan suasana sepi dan asri. Bangunan vihara ini mempunyai puncak atap yang berbentuk limas dan dikelilingi empat buah limasan lain yang mengelilingi atap tersebut.

Oya, disini terdapat juga Bangunan candi yang berwarna putih. Candi yang manis dan indah ini mempunyai sebuah stupa besar di puncaknya dan beberapa buah stupa yang berukuran lebih kecil berada di puncak-puncak bawahnya. Puncak stupa candi putih ini tampak agak berbeda dengan yang ada di Candi Borobudur.

Karena ini daerah ibadah, maka tiket masuknya tampaknya gratis, asalkan sanggup menjaga kesopanan dan ketertiban. Sayang banget lho kalau sudah jauh-jauh ke Solo tak berfoto di vihara yang eksotik ini.

Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I

Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I

Ingin melepaskan penat dari panas dan keramaian kota Solo? Datang saja ke Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I yang terletak di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Selain sebagai hutan wisata, Tahura di Ngargoyoso ini juga berfungsi untuk daerah penelitian. Berbagai jenis tumbuhan serta hewan dikembangkan di sekitar Tahura untuk keperluan penelitian.

Udaranya yang sejuk dan suasananya yang damai alami, menciptakan daerah ini cocok untuk menenangkan diri. Kamu juga sanggup menikmati beberapa objek wisata yang menarik di sekitar Tahura ibarat candi Sukuh, riam Parang Ijo, Kandang Rusa, dan situs Watu Bulus.

Ada juga sebuah taman dengan kanopi yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang sanggup dipakai untuk santa-santai bersama keluarga atau sahabat. Untuk harga tiket masuknya cukup murah meriah kok, nyaman di kantong.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton kasunanan Surakarta

Bagi kau yang sedang mencari daerah wisata bagus dan menarik di Solo yang murah meriah, tiba saja ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Harg tiket masuknya cuma Rp.10.000,-. Dengan uang segitu, kau sanggup berkeliling menjelajahi keraton hingga puas lho.

Namun, kau harus harus mematuhi peraturan yang diberlakukan di daerah ini guys, tak boleh sembarangan ibarat di rumah sendiri. Beberapa hukum atau tata tertib disini antara lain melepas topi dan kacamata hitam, dihentikan menggunakan celana pendek, serta tidak menggunakan sandal dan jaket.

Di keraton ini kau sanggup berkeliling menikmati koleksi benda kono di museum ibarat kereta kencana, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Asyik bukan? Tempat ini wajib banget dikunjungi bagi kau yang suka wisata budaya.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Selain keraton, kota Solo juga punya Pura (Istana) Mangkunegaran yang menarik untuk dikunjungi. Konon kabarnya seh dulunya Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran satu kesatuan, entah kenapa kemudian berpisah sendiri-sendiri.

Di daerah ini wisatawan sanggup melihat koleksi peninggalan jaman dahulu, terutama berupa benda sejarah yang bekerjasama dengan Raja-raja Mangkunegaran. Beberapa event budaya juga sanggup kau saksikan disini ibarat upacara sopan santun dan tari beksan.

Untuk harga tiket masuk Pura Mangkunegaran dibanderol sebesar Rp.10.000,- per orang. Jam buka objek wisata ini mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB (Senin - Kamis), 09.00 - 15.00 WIB (Sabtu - Minggu) dan untuk hari Jumat tutup.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Siapa seh yang tak kenal dengan Grojogan Sewu Tawangmangu? Hampir semua wisatawan tentu mengenal daerah wisata indah di Jawa tengah yang satu ini. Grojogan Sewu terletak di sisi barat Gunung Lawu, sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

Air terjun manis ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat mengagumkan. Dengan ketinggian sekitar 81 meter, air yang jatuh menyuguhkan keelokan alam yang eksotis dan menambah sejuk udara disekitar.

Disini juga terdapat kera-kera liar yang jinak ibarat di Goa Kreo Semarang. Kamu harus tetap hati-hati barangkali ada simpanse yang usil dan jangan berusaha untuk mengganggunya ya!

Sebagai tempat wisata terindah di Karanganyar, Grojogan Sewu sekarang dilengkapi dengan arena permainan pendukung ibarat Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp.18.000,- per orang.

Loading...
ARTIKEL PILIHAN