Danau Sentani adalah sebuah objek wisata yang terletak di Papua, Indonesia yang berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops seluas 245.000 hektar ini terbentang antara kota Jayapura dengan Kabupaten Jayapura, Danau Sentani sendiri mempunyai luas 9.360 hektar yang berada pada ketinggian 75 mdpl yang juga merupakan danau terbesar di Pulau Papua.
Di danau ini juga terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi keindahan danau. Arti kata Sentani berarti ‘disini kami tinggal dengan damai” yang pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Katolik BL Bin saat melaksanakan misionaris diwilayah sekitar danau pada tahun 1898.
Danau yang hanya berjarak 50 km dari kota Jayapura ini kini dijadikan sebagai objek pariwisata. Pada danau ini juga sudah dilengkapi dengan Perahu Pariwisata untuk berkeliling di Danau Sentani bagi para wisatawan yang datang.
adalah sebuah objek wisata yang terletak di  PESONA DANAU SENTANI DI PAPUA
Oleh pemerintah setempat, di danau ini juga sering diadakan Festival Danau Sentani setiap tahunnya untuk menarik para wisatawan tiba ke Danau Sentani. Pada bazar ini akan di isi dengan tari-tarian watak dam musik tradisional di atas perahu, tarian perang khas Papua, Upacara Adat menyerupai Penobatan Ondoafi, kerajinan rakyat mencakup pameran benda-benda budaya, kerjinan kerikil cycloops, literatur budaya, hasil-hasil pembangunan dan banyak sekali macam hidangan masakan khas Negri Papua.
Pada tahun 2015 ini, Festival Danau Sentani telah diselenggarakan pada 19-23 Juni 2015 kemudian dengan sentra kemeriahannya berlangsung di Dermaga Sentani, Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua, Indonesia.
Dilansir dari Indonesia Travel, tahun 2015 ini Festival Danau Sentani mengangkat tema “Budayaku Sejahteraku” yang merupakan verbal dari kecintaan terhadap sesama insan melalui budaya yang sekaligus bertujuan untuk mempromosikan potensi seni budaya dan objek wisata, pelestarian seni dan budaya, menggerakan perekonomian kawasan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Jayapura.
adalah sebuah objek wisata yang terletak di  PESONA DANAU SENTANI DI PAPUA
Di danau Sentani ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan 4 diantaranya ialah spesies endemik Danau Sentani seperti Ikan Gabus Danau Sentani (oxyeleotris heterodon), Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus) dan Hiu Gergaji ( Pristis microdon).

Danau Sentani yang kaya akan banyak sekali macam biota bahari ini sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar,

Di Danau Sentani, para wisatawan juga sanggup melaksanakan acara berenang, bersampan, memancing, menyelam, ski air serta wisata kuliner.    

Bagikan:

Leave a Comment