Kuda Perang Paling Populer Dalam Sejarah

Iklan 728x90

Kuda Perang Paling Populer Dalam Sejarah

Kuda (Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus) yaitu salah satu dari 10 spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah semenjak usang menjadi binatang peliharaan yang penting secara irit dan historis dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang atau barang semenjak ribuan tahun yang lalu.

Selain sebagai alat angkut insan atau barang,  Ada yang menjadi populer alasannya yaitu keberanian, kecepatan atau kesetiaannya kepada para pejuang dan militer sampai populer dalam sejarah. Mereka menyaksikan dan ikut serta dalam banyak pertempuran untuk membawa tuan mereka meraih kesuksesan atau kegagalan.
  • Kuda Chetak
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Chetak yaitu Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah milik Maharana Pratap, seorang raja Rajput dari India Utara. Kuda berjenis jantan ini terbunuh akhir luka yang dideritanya dalam Pertempuran Haldighati pada tanggal 21 Juni 1576. Pertempuran itu dilakukan antara Raja Rajput dengan Mughal. 

Kemudian Maharana Pratap membangun sebuah monumen untuk kudanya di Haldighati, daerah Chetak terjatuh yang kini terletak di Distrik Rajsamand di Rajasthan. Chetak tampil dalam banyak balada dan dongeng rakyat lokal. Dia disebut sebagai :Kuda Biru" dalam banyak puisi. Karena warna biru yang terdapat pada mantelnya.
  • Kuda Bucephalus
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Bucephalus yaitu kuda selebriti pertama dalam sejarah. Kuda jantan ini yaitu favorit tunggangan Alexander Agung, salah satu pejuang jago yang pernah ada yang dijelaskan oleh sejarawan sebagai mahluk massif. Bucephalus diakuisisi oleh Alexander Agung semenjak berusia 13 tahun.

Menurut legenda ia selalu menemani tuannya dalam banyak pertempuran. Kuda tersebut terbunuh akhir luka yang parah yang didapatnya dalam pertempuran Hydaspes yang terjadi antara Alexander Agung dan raja India Porus pada tahun 326 SM. Dalam memori kuda kesayanganya, Alexander membangun sebuah kota berjulukan Bucephala di tepi Sungai Jhelun yang kini berada di negara Pakistan.
  • Kuda Traveller
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Traveller yaitu kuda favorit milik Jenderal Robert E. Lee, Komandan Tentara Konfederasi selama Perang Saudara Amerika. Seorang Saddlebred Amerika abu-abu lahir pada tahun 1857 yang pada awalnya berjulukan Greenbier. Dia di beli oleh Lee pada tahun 1862. Kuda Traveller populer alasannya yaitu kecepatan, kekuatan dan keberaniannya dalam setiap pertempuran.

Dia membawa Jenderal Robert E. Lee dalam banyak pertempuran dan terus menemaninya sampai berakhirnya perang. Pada tahun 1871, Kuda Traveller mengidap penyakit tetanus dan ditembak mati untuk menghilangkan rasa sakitnya alasannya yaitu tidak ada perawatan.
  • Kuda Kasztanka
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Kasztanka yaitu salah satu Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah milik Pahlawan Perang Polandia Marsekal Josef Pilsudski. Pada awalnya kuda ini milik dari Ludwik Popiel yang kemudian di beli oleh Pilsudski pada tahun 1914. Dia banyak membawa tuannya pada perang Legium Polandia diperbatasan antara Austria-Hungaria dan Jerman  selama Perang Dunia Pertama. 

Pilsudski mengendari kudanya untuk terakhir kalinya pada tanggal 11 November 1927 ketika Parade Hari Kemerdekaan Polandia di Saxon Square, Warsawa. Kasztanka meninggal pada tanggal 23 November 1927.
  • Kuda Marengo
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Marengo salah satu Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah selanjunya dalam daftar kami. Kuda ini milik dari mantan kaisar Perancis Napoleon Bonaparte. Kuda ini diberi nama Marengo untuk menghormati Pertempuran Marengo antara Perancis dan Austria dimana ia menampilkan kemampuan yang sangat luar biasa dan membawa kaisar dengan kondusif selama pertempuran.

Marengo sesungguhnya berasal dari Mesir, kemudian di ekspor ke Perancis pada tahun 1799. Dia menemani Napoleon dalam banyak kampanye. termasuk Pertempuran Waterloo yang terjadi pada tahun 1815. dimana Napoleon dikalahkan oleh Pasukan Inggris. Marengo ditangkap dalam perang oleh Perwira Inggris berjulukan Lord Petre dan terus tinggal di Inggris sampai kematiannya pada tahun 1831. Kerangka kuda ini kini dipamerkan di National Army Museum, Chelsea, Inggris.
  • Kuda Palomo
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Palomo yaitu kuda milik Simon Bolivar, pembebas Amerika Latin. Dia merupakan hadiah untuk Bolivar dari seorang petani perempuan renta berjulukan Casilda yang berdasarkan masyarakat setempat, ia mengimpikan memberi hadiah kuda kepada seorang jenderal besar. Palomo digambarkan sebagai kuda putih tinggi dengan ekornya yang panjang.

Sejak pertemuan mereka pada tahun 1819, Bolivar mengendari kudanya dalam banyak kampanye selama usaha pembebasan.  Saat ini kerangka Kuda Palomo dipanjang di Museum Mulalo.
  • Kuda Copenhagen
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Copenhagen yaitu Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah selanjutnya milik dari Lord Arthur Wellesly, Duke of Wellington. Lahir pada tahun 1808, duia dibesarkan oleh Jenderal Grosvenor dan sering ikut dalam beberapa perlombaan. Dia ditunjuk untuk menghormati kemenangan Inggris pada pertempuran kedua Kopenhagen.

Lord Wellington memperolehnya pada tahun 1813 dan mengendarinya dalam sejumlah kampanye militer. Kopenhagen menemani sang jenderal pada Pertempuran Waterloo pada tahun 1815 dimana ia sanggup mengalahkan Napoleon Bonaparte. Ia pensiun sesudah pertempuran dan menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun di sangkar Duke sampai meninggal pada tahun 12 Februari 1836.
  • Kuda Cincinnati
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Cincinnati yaitu salah satu dari tiga Kuda Perang Paling Terkenal yang dimiliki oleh Jenderal Perang Saudara Amerika dan kemudian Presiden Ulysses S. Grant. Dia yaitu anak Lexington, salah satu Kuda Tercepat Amerika ketika itu. Hadiah dari seorang pengagumselama Perang Saudara Amerika.

Kuda Cincinnati menemani jenderal dalam sejumlah kampanye dan menjadi favoritnya. Grant digambarkan menunggangi Cincinnati disebagian besar kampanyenya. Presiden Abraham Lincoln yang legendaris juga menggemari Kuda Cincinnati yang biasa ia kunjungi setiap hari. Kuda Cincinnati meninggal pada tahun 1878 di peternakan Admiral Daniel Ammen yang terletak di Maryland, Amerika Serikat.
  • Kuda Comanche
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Comanche adalah Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah milik Angkatan Darat Amerika Serikat yang dikenal sebagai penyerang dalam Pertempuran Little Bighom.  Kuda ini dibeli oleh Angkatan Darat pada tahun 1868 dan kemudian ditunggangi oleh Kapten Myles Keogh dari Kaveleri ke-7. Dia diberi nama Comanche alasannya yaitu kesetiaan dan keberaniannya dalam perang melawan Comanche dimana ia berhasil membawa Keogh yang terluka dimana tidak ada satupun tentara yang selamat. Meskipun banyak kuda lain yang ditemukan selamat,  

Dia kemudian diangkat menjadi komandan kedua komando kehormatan Kaveleri ke-7 pada tahun 1887. Comanche meninggal pada tahun 1891 yang kemudian diberi sebuah pemakaman militer 
  • Kuda Sergeant Reckless
Equus Caballus atau Equus Ferus Caballus 10 KUDA PERANG PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Kuda Sergeant Redkless adalah salah satu Kuda Perang Paling Terkenal Dalam Sejarah yang pernah ada. Reckless yaitu kuda dari jenis Mongolia yang dimiliki oleh militer AS. Dia dibeli pada tahun 1952 dan dilatih oleh Korps Marinir Amerika Serikat. Kuda itu dipakai untuk membawa persediaan dan senjata serta mengevakuasi tentara yang terluka selama terjadinya Perang Korea.

Kuda Sergeant Reckless dikenal alasannya yaitu kecerdasan dan kemampuannya untuk melaksanakan perjalanan sendiri. Selama pertempuran untuk Outpost Vegas pada tahun 1953, Dia melaksanakan 51 perjalanan sendiri dalam satu hari. Dia diangkat menjadi Sersan pada tahun 1954 dan pensiun. Dia meninggal pada tahun 1968.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN