Gua Paling Menakjubkan Di Dunia

Gua Paling Menakjubkan Di Dunia

Lensa Budaya ~ Gua yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam yang sanggup dimasuki oleh manusia. Dalam jutaan gua di muka bumi ini ada sekitar beberapa gua yang sangat menakjubkan dan mempesona bagi kita untuk memandangnya. Di antaranya yaitu Gua Langjokul di Islandia yang terbentuk akhir gletser es atau Gua Marmer di Cili yang dindingnya bayak dilapisi oleh kerikil marmer atau juga Gua Gong di Indonesia yang mempunyai stalaktit dan stalakmit secara bersamaan dan pada dindingnya apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperi bunyi alat musik Gong.

Berikut Gua Paling Menakjubkan Di Dunia

  • Gua Langjokul, Islandia
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Langjokul  yaitu tempat wisata yang gres dibuka pada 1 Juni 2015 lalu. Dengan luas sekitar 950 kilometer persegi (sebagian besar naik antara 1200 hingga 1300 meter di atas permukaan laut). Gua yang membentang 200-300 meter ke gletser es padat pada 30 meter dibawah permukaan bahari sehingga ini mengakibatkan struktur es buatan insan terbesar di dunia.

Jika Anda berada di dalam gua ini, Anda akan melihat es yang telah ratusan tahun berkembang. Saat Anda berjalan-jalan di dalam terowongan gua Anda akan menyaksikan perubahan warna es dari putih menjadi biru. 
  • Gua Laut Benagil, Algarve Coast, Portugal
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Laut Benagil merupakan cuilan dari sistem gua di garis pantai selatan daerah Benagil, Portugal. Gua paling menakjubkan ini terletak di di akrab pantai dari kota kecil Benagil.

Pantai sepanjang 150 kilometer ini banyak dihiasi dengan pasir pantai yang indah, tebing dan gua-gua yang melahirkan formsi menarik ibarat Skylight atau atap beling dan sering menjadi tempat kunjungan wisatawan sepanjang hari.
  • Gua Laut Benagil, Algarve Coast, Portugal
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Marmer ini terletak di Danau Carrera, Buenos Aries, Pantagonia, Cile. Dinding gua berwarna abu-abu dan biru (beberapa diantaranya terendam) yang semuanya sangat mempesona. Dengan warna air yang hijau kebiruan dari Danau Carrera, gua yang berada disisi danau dan yang paling terkenal adalah Chapel (La Capilla), Katedral (El Catredal) dan Gua (La Cueva).

Dengan letak geografis yang unik sekelompok gua-gua, terowongan, dan marmer yang dibuat dalam monolit dari marmaer dan dibuat oleh gelombang air selama lebih dari 6.000 tahun. Anda sanggup mengunjungi tempat ini dengan bahtera kecil atau kayak.
  • Gua Es Mendenhall, Alaska
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Hanya ada beberapa tempat di dunia dimana Anda sanggup menyaksikan setiap tahap sirkulasi air sekaligus keajaiban di Danau Es Mendenhall. Gua yang terletak Lembah Mendenhall yang berjarak 12 mil dari pusat kota Juneau, Alaska Tenggara ini dilindungi sebagai cuilan dari Mendenhall Glacier Recreation Area.
  • Gua Waitomo Glowworw, Selandia Baru
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Waitomo Glowworw ini terletak di pulau sebelah utara dari Selandia Baru. Daerah ini dikenal oleh penduduknya untuk Glowworw.

Gua ini merupakan cuilan dari sistem Gua Waitomo yang juga meliputi Gua Ruakuri dan Gua Aranui.  Gua ini tercipta dari acara geologi gunung kapur yang telah membuat 300 gua kapur di wilayah Waitomo semenjak 30 juta tahun yang lalu. Kapur yang terjadi dari karang fosil, kerang, kerangka ikan dan banyak organisme binatang kecil lainnya. Selama bertahun-tahun telah menjadi kerikil fosil yang berlapis satu dengan yang lainnya dan dikompresi menjadi kerikil kapur.

Gua terbentuk dikala gerakan bumi mengakibatkan kerikil kapur keras dan melengkung dibawah bahari hingga naik ke atas permukaan laut. Seperti kerikil yang terkena udara sehingga membuat celah yang memungkinkan air mengalir dan larut di kerikil kapur sehingga membentuk gua yang besar selama berjuta-juta tahun.
  • Gua Batu, Malaysia
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Batu yaitu sebuah bukit kapur yang mempunyai serangkaian gua di Gombak, Selangor, Malaysia. Nama gua ini diambil darai nama Sungai Batu yang mengalir melewati bukit dan Gua Batu juga merupakan nama dari sebuah desa terdekat.

Gua ini yaitu salah satu kuil Hindu yang paling terkenal di luar negara India. Gua ini didedikasikan untuk Dewa Murugun dan Gua Batu juga merupakan titik fokus dari Festival Hindu Thaipusam di India.

Batu Kapur membentuk Gua Kapur yang tercipta sejak 400 juta tahun. Beberapa pintu masuk gua digunakan sebagai tempat penampungan oleh orang-orang Adat Temuan. Gua ini ditemukan pada tahun 1860 dikala orang-orang Cina mulai menggali guano dari gua untuk pemupukan sayuran mereka.

Dari beberapa gua yang ada di tempat ini, Gua Kuil merupakan tempat yang paling populer. Dinamakan demikian lantaran di gua ini terdapat beberapa kuil Hindu dibawah langit-langit berkubah yang tinggi. Gua Kuil ini dibangun pada tahun 1920.
  • Gua Tham Lod, Thailand
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Tham Lod merupakan salah satu gua paling menakjubkan dan gampang untuk di susukan di Thailand. Gua kapur ini membentuk formasi stalakit dan gua peti mati yang tersembunyi didalam gua utama. Gua Tham Lod yang mempunyai panjang 1,5 kilometer yang jauh lebih pendek dari gua-gua lainnya tetapi ruang utama gua setinggi sekitar 50 meter sangatlah spektakuler dan menakjubkan.

Gua yang pada sepertiga dasarnya di aliri oleh Sungai Lang akan menunjukkan kesempatan untuk Anda mengelilingi dalam gua dengan rakit bambu di kegelapan sambil mendengarkan bunyi kelelawar berterbangan.
  • Gua Son Doong, Vietnam
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Son Doong yaitu gua terbesar di dunia yang terletak di propinsi Quang Binh, Vietnam. Gua ini tercipta semenjak 25000000  tahun yang kemudian oleh air sungai yang mengikis kerikil kapur dibawah gunung dimana keberadaan batu-batu kapur masih sangat rapuh, langit-langit runtuh dan membuat Skylight besar.

Gua setinggi 200 meter, lebar 150 meter serta panjang mencapai 5 kilometer ini mengakibatkan gua terbesar di dunia dengan mempunyai sungai, hutan dan iklim sendiri.

Namun pintu masuk yang kecil dan tertutup oleh kabut lantaran udara yang cuek di dalam yang bersentuhan dengan udara panas di luar gua serta hutan di sekitarnya. Pengunjung harus turun sedalam 80 meter dari dinding jurang yang curam dengan memakai harness atau tali.

Perbedaan suhu yang besar juga mengakibatkan awan kabut terutama di akrab dua jendela gua yang menunjukkan suasana asing tapi nyata.
  • Gua Reed Flute, Cina
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Reed Flute yang terbentuk semenjak 180 juta tahun yang kemudian ini ditemukan sekitar 1000 tahun yang kemudian berada di sekitar 5 kilometer barat bahari dari kota Guilin, Cina.

Gua Reed Flute yaitu gua yang cerah dan berwarna warni yang disebabkan oleh alang-alang hijau di pintu masuk guu yang juga dipakai oleh orang-orang untuk membuat seruling atau peluit.

Gua dengan bentuk stalaktit yang sangat spektakuler ini terbentuk dari pilar kerikil kapur dan gugusan batuan yang terbentuk semenjak jutaan tahun yang kemudian akhir pengikisan air.

Mengunjungi gua ini diharapkan waktu sekitar 1 jam karena setiap gugusan mempunyai legenda atau nama ibarat Crystal Palace, Pagoda Naga, Virgin Forest, Bunga dan Bunga Gunung.

Crystal Palace of Dragon Naga yaitu ruang terbesar di dalam gua yang dapat menampung 1000 orang yang dulunya dipakai sebagai tempat berlindung pada masa Perang Dunia II.

Pada dinding gua terukir 70 prasasti yang menggambarkan kisah perjalanan dari fitur puisi pada zaman Dinasti Tang. Sebuah taman dengan pavilium elegant secara khusus di bangkit di sekitar gua dengan danau, jembatan dan taman di dalamnya.
  • Gua Gong, Indonesia
 yaitu sebuah lubang di dalam tanah yang cukup besar dan dalam 10 GUA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

Gua Gong yaitu sebuah gua yang terletak di desa Bomo, kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Indonesia. Gua dengan kedalaman 256 meter terdapat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk semenjak ribuan tahun yang lalu setinggi puluhan meter sehingga membentuk pilar kerikil kapur.

Pada langit-langit gua banyak terdapat rembesan-rembesan air yang mengandung larutan kapur melalui retakan-retakan halus yang kemudian menetas dan jatuh ke dasar gua.

Karena adanya penguapan maka yang tertinggal yaitu kristal Ca CO2 yang menggantung pada langit-langit gua. Fenomena ini sering juga disebut stalaktit.

Sedangkan air yang jatuh kedasar gua dan menguap kembali sehingga terbentuk kristal-kristal kalsit dengan bentuk ibarat tongkat yang mencuat dari dasar gua. Fenomena ini sering juga di sebut stalakmit.

Baik Stalaktit maupun Stalakmit akan terus tumbuh dan akan terus membentuk tiang-tiang di dalam gua.

Keindahan pada gua ini bukan saja pada gugusan Stalaktit dan Stalaktit nya yang sangat menakjubkan. Tetapi pada dinding-dinding guanya apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi ibarat bunyi gong yang menggema di dalam gua. Oleh karenanya masyarakat setempat menamakan gua ini dengan sebutan Gua Gong.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait