Jenis Warisan Budaya Indonesia

Jenis Warisan Budaya Indonesia

Warisan budaya indonesia perlu dilestarikan dan harus dilakukan tindakan untuk menjaga serta merawat warisan yang sagat luar biasa yang telah diberikan alasannya merupakan peninggalan yang sangat berharga.



Warisan budaya indonesia yang pertama yaitu Wayang dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai “Karya Agung Budaya Dunia” yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah wacana dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan.

Warisan budaya indonesia yang kedua yaitu Keris UNESCO menyatakan Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di nusantara mengakibatkan keris menjadi senjata pusaka. Keris telah dipakai semenjak periode ke-9 dibentuk dengan logam dan gagangnya dibentuk dari tulang, tanduk atau kayu. Keris dibentuk dari logam yang berkualitas.

Warisan budaya indonesia yang ketiga yaitu Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Batik dihasilkan dengan proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan memakai lilin panas dengan memakai canting.

Warisan budaya indonesia yang keempat yaitu Angklung yaitu alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bab barat.

Warisan budaya indonesia yang kelima yaitu Tari Saman yaitu sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment