Candi Termegah Dan Terindah Di Dunia

Iklan 728x90

Candi Termegah Dan Terindah Di Dunia

Candi Termegah Dan Terindah Di Dunia Candi atau kuil yaitu bangunan-bangunan kegamaan daerah beribadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Budha. Bangunan ini dipakai sebagai daerah pemujaan dewa-dewi ataupun untuk memuliakan Budha. 

Bangunan Candi atau Kuil ini banyak dihiasi oleh seni arsitektur berupa lukisan, pahatan, relief atau arca yang tak lepas dari unsur spiritualitas, daya cipta dan ketrampilan para pembuatnya.

Beberapa candi menyerupai Borobudur, Prambanan, Angkor Wat, Shawedagon atau Khajuraho dibangun dengan amat megah, detail, kaya akan hiasan yang mewah, bercitarasa estetika yang luhur dengan memakai teknologi maju pada zamannya.

10 Candi Terindah dan Termegah Di Dunia dibawah ini merupakan bukti betapa tingginya kebudayaan dan peradaban nenek moyang kita. 

Kuil Chion-In, Jepang


Kuil Chion-In dibangun pada tahun 1234 masehi oleh seorang murid dari guru Honen, Cenchi. Hal unik dari kuil ini yaitu terdapat beberapa goresan berupa lambang keluarga Tokugawa di setiap atap balok kuil. Salah satu arsitek yang kembali membangun kuil ini menempatkan beberapa payung di depan kuil yang dipercaya sanggup membantu menurunkan hujan.

Shwedagon, Burma


Sesuai dengan legenda, Kuil Shwedagon yang berumur lebih dari 2500 tahun. Juga dikenal dengan sebutan candi emas, candi ini terdiri atas stupa dan pagoda. Candi ini terletak di sentra kota Yangon, Burma, dan menghiasi pemandangan kota.

Monumen Khajuraho, India


Monumen Khajuraho yaitu sekelompok candi (kuil) Hindu dan Jainisme yang terletak di Khajuraho  sebuah kota di negara bab Madhya Pradesh, distrik Chhatarpur, sekitar 620 kilometer (385 mil) sebelah tenggara New Delhi. Candi-candi ini yaitu salah satu daya tarik wisata paling terkenal di India. Khanjuraho mempunyai banyak bangunan kuil Hindu dan Jainisme periode pertengahan yang terkenal akan patung-patungnya yang erotis. Kelompok monumen Khajuraho masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, dan dianggap sebagai salah satu dari “tujuh keajaiban” India.

Wat Rong Khun, Thailand


Wat Rong Khun merupakan sebuah candi Hindu dan Buddha di kota Chiang Rai. Candi ini didesain oleh Chalermchai Kositpipat, konstruksi dimulai pada tahun 1997. Keunikan dari candi ini yaitu warna bangunannya yang berwarna putih. Sampai kini candi ini masih akan diperbesar dan dibangun.

Kuil Tao, China


Kuil Tao atau Kuil Surga merupakan sebuah kompleks kuil Tao yang terletak di sebelah tenggara kota Beijing. Kompleks ini dikunjungi oleh kaisar-kaisar dinasti Ming dan Qing untuk doa tahunan ke nirwana supaya mendapat hasil panen yang baik. Kuil ini merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site dan merupakan ikon kota Beijing.

Tiger's Nest Monastery, Bhutan


Tiger’s Nest Monastery merupakan situs sakral bagi umat Buddha Himalaya, terletak di Lembah Paro bab atas. Pada kala ke-8, Guru Padmasambhava meditasi di gua ini selama tiga bulan. Pada tahun 1692, di sekitar gua tersebut di bangkit kompleks ini. Kompleks ini terletak di tepi tebing yang curam. Kompleks ini juga merupakan ikon wisata negara Bhutan. 

Candi Srirangam, India


Candi Srirangam merupakan candi yang dipersembahkan kepada tuhan Ranganatha. Sekarang, candi ini merupakan candi terbesar di India dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di dunia. Candi ini merupakan tujuan wisata utama bagi Tamil Nadu, India.

Candi Prambanan, Indonesia


Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada kala ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga tuhan utama Hindu yaitu Brahma sebagai tuhan pencipta, Wishnu sebagai tuhan pemelihara, dan Siwa sebagai tuhan pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama orisinil kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa BatarSyiwa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini tuhan Siwa lebih diutamakan.

Candi ini yaitu termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama mempunyai ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks formasi candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia

Angkor Wat, Kamboja


Angkor Wat  yaitu sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan kala ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat berdasarkan keyakinan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai sentra dunia dan merupakan daerah tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat yaitu menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat.

Candi Borobudur


Borobudur yaitu sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi yaitu kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat bahari Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur yaitu candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur kandang yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai tepat dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Candi Budha Terbesar Di Dunia ini juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. 
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment