Taman Simalem Resort terletak di perbukitan barat maritim Danau Toba, dalam daerah Bukit Merek, Sidikalang. Wisatawan berkunjung untuk menikmati udara pegunungan yang segar dan sejuk sepanjang tahun, pemandangan murni alami dan mempesona dari Danau Toba. Resor ini sanggup dicapai dalam 2,5 jam perjalanan dari Medan, ibukota provinsi Sumatera Utara, dengan kendaraan bermotor (bus, kendaraan pribadi) dan 45 menit dari Berastagi serta 1,5 jam dari Hillpark, Sibolangit.

Persisnya Taman Simalem Resort terletak di Jalan Raya Merek – Sidikalang Km 9, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Simalem” yaitu kata dalam bahasa Batak Karo yang berarti sejuk, menyenangkan (adem, asri) dan perasaan gembira, yang sanggup dialami oleh pengunjung begitu mereka memasuki resor ini.

Dengan area seluas lebih dari 200 Ha, Taman Simalem Resort merupakan destinasi wisata alam yang menyenangkan dan memperlihatkan aneka macam acara bagi pengunjung. Taman resor ini merupakan rumah bagi pertanian Loquat terbesar di Indonesia dan juga perkebunan buah markisa terbesar di Sumatera Utara. Sebuah lapangan golf “9-Hole Par 34” yang sangat menantang dibangun di tengah-tengah perkebunan kopi dan teh. Resor ini memperlihatkan aneka macam fasilitas dari perkemahan pondok penginapan dengan panorama danau dan pondok penginapan di dalam hutan.

Taman Simalem Resort terus dalam proses pengembangan dan fasilitas yang sudah beroperasi terbatas di antaranya yaitu : dalam operasi yaitu Tempat Pembibitan Bunga (Flower Nursery), Zona Petualangan (Adventure Zone), Tempat Sisi Sungai (Riverside Place), Taman Burung (Bird Park), Pusat Kerajinan Tangan (Handicraft Centre), Pondok Air Terjun (Waterfall Lodge), Kafe Pangambatan, Vihara Buddha, Labirin, Helipad, Perkebunan Agrowisata Karo (Karo Agrotourism Farm), Lapangan Golf 9-Hole Gorat Ni Padang (9-Hole Gorat Ni Padang Golf Course), Alun-alun Permata Danau Toba (Pearl Of Lake Toba Plaza), Perkebunan Buah dan Sayuran, Amphiteater, Bumi Perkemahan, Asrama, Lintasan Trek Hutan, Berkuda, Bukit Satu Pohon (One Tree Hill).

Pengembangan Taman Simalem Resort akan diakhiri dengan pengembangan “One Tree Hill Villa Resort” pribadi untuk anggota dan jalur kereta kabel menuju tepi Danau Toba.

Taman Simalem Resort dibangun di atas padang rumput yang belum dimanfaatkan, berjulukan Gorat Ni Padang, di mana binatang ternak sering merumput di masa lalu.

130 hektar hutan yang mengelilingi situs diakuisisi dengan tujuan untuk melindungi hutan cagar alam nasional yang terletak berdekatan Taman Simalem Resort.

Dinamakan “One Tree Hill Villa Resort” alasannya yaitu hanya ada satu pohon pinus yang tumbuh di lokasi tersebut. Pohon pinus tersebut akan dilestarikan dan bangunan-bangunan akan dirancang di sekitarnya.

Taman Simalem Resort dikembangkan oleh PT Merek Indah Lestari, perusahaan asosiasi dari Hotel Sibayak Internasional Berastagi, resor bintang 4 pertama di Sumatera Utara, bermitra dengan Nexus Investment Pte Ltd, sebuah perusahaan investasi Singapura.

Bagikan:

Leave a Comment