Danau Toba, Wisata Alam Yang Mempesona di Sumatera Utara

Iklan 728x90

Danau Toba, Wisata Alam Yang Mempesona di Sumatera Utara

Danau Toba sudah lama menjadi salah satu ikon penting pariwisata nusantara, dan terutama bagi Provinsi Sumatera Utara, yang menarik bagi wisawatan nusantara dan mancanegara.


Keindahan alam Danau Toba dengan airnya berwarna biru yang dikelilingi perbukitan menghijau niscaya akan sangat memukau dan menciptakan takjub serta mengundang decak kagum siapa saja yang mengunjunginya.

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara, dan secara administratif masuk ke dalam wilayah beberapa kabupaten, di antaranya Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Dairi.

Namun, kota yang umumnya menjadi daerah tujuan wisata untuk menikmati keindahan Danau Toba ini yaitu Parapat, yang terletak di Kabupaten Simalungun. Dari kota Brastagi, Kabupaten Karo, keindahan alam Danau Toba juga sanggup dinikmati walaupun hanya sekilas dari puncak perbukitan. Sedangkan dari Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, lokasinya berada di Tuktuk Siadong.

Danau Toba bahwasanya yaitu sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, sehingga merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Kedalaman Danau Toba mencapai 505 meter dengan luas 1.130 km2 dan ketinggian permukaan Danau Toba di atas permukaan air bahari mencapai 905 meter. Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau vulkanik berjulukan Pulau Samosir.

Untuk mencapai kota Prapat dari Medan, ada dua pilihan moda transportasi, yakni bus umum atau travel dengan waktu tempuh antara 4-5 jam perjalanan, melewati Lubuk Pakam, Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. Moda transportasi lainnya yaitu dengan memakai kereta api tujuan Pematang Siantar, dilanjutkan dengan naik bus selama satu jam menuju Parapat.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment