Kebudayaan Sumatera Selatan

Iklan 728x90

Kebudayaan Sumatera Selatan

Jika Sebelumnya kita sudah melihat kebudayaan dari Propinsi Bengkulu, sekarang kita lihat kebudayaan dari propinsi tetangganya yaitu Propinsi Sumatera Selatan. Mulai dari rumah adab sampai lagu wilayahnya akan kita kenali bersama disini. Berikut rangkuman kebudayaan dari Propinsi Sumatera Selatan :

1.    Rumah Adat

Rumah adab Sumatera Selatan berjulukan Rumah Limas, Ia merupakan rumah panggung, untuk tempat tinggal para bangasawan. Rumah Limas berjenjang lima dengan bermakna Lima Emas, yaitu keagungan, rukun dan damai, sopan santun, kondusif dan subur, lalu makmur dan sejahtera. Pintu Gerbang Emas harus ada pada setiap RUmah Limas.
Rumah Limas
2.    Pakaian Adat

Pria Sumatera Selatan mamakai pakaian adab berupa mahkota , kalung bersusun dengan baju yang khas. Ia juga menggunakan celana panjang dan kain songket pada bab tengah badan.

Wanitanya menggunakan pakaian yang ibarat dengan prianya, yaitu bermahkota, kalung susun, pending dan gelang pada kedua belah tangan. Ia jua menggunakan kain songket yang melingkar pada bab tengah tubuh serta berkain songket. Pakaian ini digunakan untuk upacara pernikahan.
Pakaian Adat
3.    Tari-tarian Daerah Sumatera Selatan

a.    Tari Tanggai, merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebasaran adat.
b.    Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat popular di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melambangkan kemakmuran kawasan Sumatera Selatan.
c.    Tari Menyadap Karet, tari menggambarkan canda-ria muda-mudi Sumatera Selatan selagi menyadap karet, yang tak jarang menuntunmereka ke jenjang perkawinan. Tari yang diperkaya dengan unsur gerak tradisi ini berkenan sebagai tari pergaulan yang menjadikan suasana gembira.
Tari Tanggai
4.    Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang populer di Sumatera Selatan ialah keris. Keris situ ada yang berlekuk 7, 9 atau 13, yaitu dengan jumlah ganjil.

Selain keris ada pula senjata lainnya ibarat tombak, pedang, dan badik. Tombak Sumatera Selatan yang bermata tiga dinamakan trisula.
Senjata tradisional Sumatera Selatan – Tombak Trisula
5.    Suku

Suku dan marga yang terdapat di Sumatera Selatan adalah: Komering, Palembang, Pasemah, Semenda, Ranau Kisan, Ogan, Lematang, Rajang, Rawas, Kubu, dan lain-lain.

6.    Bahasa Daerah : Kubu, Palembang, Rejang Lebong, dan lain-lain.

7.    Lagu Daerah : Kabile-bile, Tari Tanggai, Dek Sangke.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Post a Comment