Kebudayaan Sulawesi Tenggara

Iklan 728x90

Kebudayaan Sulawesi Tenggara

Sebelumnya kita telah mengenal Kebudayaan dari Provinsi Sulawesi Selatan, kali ini kita akan berkenalan dengan Kebudayaan dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang juga satu daratan yaitu Pulau Sulawesi. Seperti biasa kita akan melihat rumah adat, pakaian adat, tari-tarian, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu tempat dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Berikut uraiannya :

1. Rumah Adat

Salah satu rujukan rumah etika Sulawesi Tenggara disebut Istana Sultan Buton. Istana Sultan Buton disebut juga Malige. Bangunan tersebut tidak menggunakan paku dan merupakan rumah panggung. Ia terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama tempat kediaman raja dan permaisuri, lantai kedua untuk tempat tinggal dan lantai ketiga tempat perempuan salat. Pada kiri kanan lanta dua ada ruangan tempat semacam menenun kain yang disebut Bate.
Istana Sultan Buton
Sultan Buton ialah pilihan rakyat banyak. Sultan harus higienis dari cacat jasmani ataupun cacat rohani. Untuk menggantikan kedudukan Sultan, tidak selamanya dari keturunan Sultan yang berkuasa. Dapat pula dupilih dari adik atau abang Sultan, bahkan dari orang lain yang sederajat.

2. Pakaian Adat

Prianya menggunakan pakaian etika berupa tutup kepala (destar), baju model jas tutup sarung sebatas dengkul dan celana panjang.
Sedangkan wanitanya menggunakan baju kebaya. Diatas kepalanya terdapat hiasan kembang dan hiasan lainnya berupa anting anting, kalung, dan gelang. Pakaian etika ini berasal dari Kendari.
Pakaian Adat Sulawesi Tenggara
3. Tari tarian Daerah Sulawesi Tenggara

a. Tari Balumpa, merupakan tari selamat tiba dalam menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.
b. Tari Dinggu, melambangkan sifat kegotongroyongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lumbung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.
c. Tari Molulo, ialah tarian yang indah danriang dari pergaulan muda mudi Sulawesi Tenggara.
d. Tari Motasu (berladang), Tari Motasu diangkat dari tradisi masyarakat Tolaki di Kabupaten Kolaka dan Kendari. Keseluruhannya menggambarkan ungkapan permohonan kepada yang kuasa semoga dalam berladang sanggup derma dan kelak dikaruniai hasil yang melimpah.

Tari Balumpa
Tari Dinggu
4. Senjata Tradisional

Keris ialah senjata tradisional rakyat Sulawesi Tenggara/ bentuknya berlekuk lekuk ibarat keris pada umumnya. Istana dan banteng kerajaan Sultan Buton sangat populer dalam sejarah perlawanan bersenjata menentang Belanda. Keris dan pedang digunakan untuk perang jarak dekat, sedangkan tombak, lembing dan sumpitan untuk perang jarak jauh.
Keris Sulawesi Tenggara
5. Suku : Suku da marga yang terdapat didaerah Sulawesi Tenggara ialah : Walio, Laki, Muna, Buton, Mororene, Wowonii, Kulisusu, dan lain lain.

6. Bahasa Daerah : Buton, Muna, Laki dan lain lain.

7. Lagu Daerah : Peia Tawa tawa
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment