Kebudayaan Sulawesi Tengah

Kebudayaan Sulawesi Tengah

Jika Sebelumnya kita mebahas perihal Kebudayaan Sulawesi Utara, kini kita akan membahas kebudayaan dari Sulawesi Tengah (Sulteng). Kita akan berkenalan dengan Rumah adat, pakaian adat, tari-tarian, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu tradisionalnya.

1.    Rumah Adat

Rumah etika Sulawesi Tengah disebut Rumah Tambai. Rumah tambai berupa rumah panggung dan atapnya sekaligus berfungsi sebagai dinding anak tangga dengan jumlah ganji menandaan rumah kepala etika dan yang berjumlah genap yakni milik penduduk desa.
Alas rumah tersebut terdiri dari balok balok yang disusun, sedangkan pondasi atau dasarnya terdiri dari kerikil alam. Tangga untuk naik terbuat dari batang batang kayu bundar dan atap rumah Tambai itu terbuat dari daun rumbai atau bumbu yang dibelah dua.
2.    Pakaian Adat

Pakaian etika untuk prianya berupa hiasan kepala yang khas, siga namanya, baju yang mirip jubah yang disebut buya dan sebilah keris (pasatimpo) terselip pada pending yang ada dipinggang.
Wanitanya menggunakan baju yang disebut patimah lola, kalung susun atau gena kambora, gelang yang disebut pontodate, dan anting anting yang disebut dali. Kepala dan dahi diberi hiasan yang dinamakan dadasa. Selain itu dia pun menggunakan pending. Pakaian ini digunakan untuk upacara kesepakatan nikah di Donggala.
 3.    Tari tarian Sulawesi Tengah

a.    Tari Lumense dari Poso merupakan tarian selamat tiba untuk menyambut tamu angung.
b.    Tari Peule Cindi termasuk pula tarian untuk menyambut tamu angung. Puncak acarany yakni dengan menaburkan bunga bagi para tamu.
c.    Tari Pepoinaya tari ini menggambarkan ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap keberhasilan panen atau berkah kedatangan tamu tamu penting. Tari ini digarap menurut unsur ak tari tradisional dari tempat Poso, Sulawesi Tengan yang dipadukan dengan gerak tari Moenda, Motorompio, dan Molinga.
Tari Lumense
4.    Senjata Tradisional

Pasatimpo yakni senjata tradisional yang populer di Sulteng. Bentuk hulunya bengkok kebawah dan sarungnya diberi tali. Senjata populer lainnya yakni tomak kanjoe atau surampa (ujungnya berbentuk trisula), parang, tombak, pisau, perisai, dan sumpitan. Senjata bendo digunakan untuk bertani atau untuk berperang. Sedangkan tomak dipergunakan untuk berburu babi, mencari ikan atauk untuk berperang. 
Pasatimpo
5.    Suku            : Suku dan marga yang terdapat didaerah Sulawesi Tengah yakni Kaili, Kulawi, Mori, Pamona, Banggai, Balatar, dan lain lain.

6.    Bahasa Daera    : Kulawi, Kaili, Blatar, Mori, Banggai, dan lain lain.

7.    Lagu Daerah        : Tope Gugu, Tondok, Kadadingku.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment