Kebudayaan Sulawesi Selatan

Iklan 728x90

Kebudayaan Sulawesi Selatan

Sesudah kita melihat dan berkenalan dengan kebudayaan dari Provinsi Sulawesi Tengah, kali ini kita akan berkenalan dengan kebuadayaan dari Provinsi Sulawesi Selatan. Seperti biasa, kita akan melihat bentuk rumah adat, pakaian adat, tari-tarian budaya, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah. Berikut uraian singkat dari budaya Sulawesi Selatan.

1. Rumah Adat

Rumah moral Sulawesi Selatan disebut Tongkonan. Tongkonan yaitu rumah moral orang Toraja di Sulawesi Selatan. Kolong rumah itu berupa sangkar kerbau belang atau tedong bonga. Kerbau ini merupakan lambang kekayaan, disepan rumah tersusun tanduk tanduk kerbau,sebagai perlambang pemiliknya telah berulang kali mengadakan upacara maut secara besar besaran. Tongkonan terdiri dari 3 ruangan yaitu ruang tamu, ruang makan, dan ruang belakang.

Rumah Adat Tongkongan
2. Pakaian Adat

Pakaian moral Selawesi Selatan yang digunakan prianya berupa tutup kepala, baju yang disebut baju bella dada, sarung yang disebut tope, keris tata ropprng (terbungkus dari emas seluruhnya) dan gelang nada yang disebut pottonaga.

Sedangkan wanitanya menggunakan ikat kepala, baju lengan pendek, Tope atau sarung dengan rantainya, ikat pinggang dengan sebilah keris terselip didepan perut. Perhiasan yang digunakan yaitu anting anting panjang atau bangkara a’rowe, kalung tunggal atau geno sibatu dan gelang tangan. Pakaian ini menurut moral Bugis Makasar.
3. Tari tarian Daerah Selawesi Selatan

a. Tari Kipas, yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas dalam suasana gemuaku sambil mengikuti alunan lagu.
b. Tari Basaro,merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerak gerakkan badannya sangat luwes.
c. Tari Bo’da, yang mendasarkan garapannya pada unsur gerak tari tradisional yang berkembang di Kabupaten Selayar. Dengan iringan musik Bo’da kesuluruhan gerakkannya menggambarkan luapan kegembiraan gadis gadis dimalam terperinci bulan pada ketika menjelang ekspresi dominan panen.
Tari Kipas
4. Senjata Tradisional

Badik merupakan senjata tradisional yang sangat populer di Sulawesi Selatan. Bentuknya kokoh dan cukup mengerikan. Senjata populer lainnya yaitu peda (semacam perang), sabel, tombak, dan perisai.
Badik
5. Suku : Bugis, Makkasar, Mandar, Toraja, dan lain lain.

6. Bahasa Daerah : Makkasar, Bugis, Toraja, Mandar, dan lain lain.

7. Lagu Daerah : Angin Mamiri, Pakarena, Marencong.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment