Jika sebelumnya kita sudah melihat dan berkenalan dengan kebudayaan dari Provinsi Sumatera Selatan, kali ini kita akan berkenalan dengan kebuadayaan dari Provinsi Lampung yang masih berada di pulau Sumatera. Seperti biasa, kita akan melihat bentuk rumah adat, pakaian adat, tari-tarian budaya, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah. Berikut Uraian singakat dari budaya Lampung :
1.    Rumah Adat

Rumah sopan santun tempat Lampung dinamakan Rumah Sesat. Rumah sesat tersebut digunakan untuk musyawarah tertinggi antara marga-marga. Jambat Agung atau Lorong Agung ialah nama tangga menuju Rumah Sesat sebagai perlambang marga Lampung. Di atas Lorong Agung terdapat 3 macam payung berwarna : putih, kuning, dan merah. Putih untuk tingkat marga, kuning untuk tingkat kampong, dan merah untuk tingkat suku.

Rumah Adat Lampung

2.    Pakaian Adat

Pria Lampung menggunakan pakaian sopan santun berupa tutup kepala, baju jas dengan leher tertutup, celana panjang dan berkain songket yang melingkar di pinggang. Sebilah belati terselip didepan perut.

Wanitanya menggunakan tutup kepala melebar dengan bentuk yang khas. Bajunya disebut kawai sadariah dan berkain songket. Perhiasan yang dipakainya ialah anting-anting, pending dan gelang pada kedua belah tangannya. Pakaian ini digunakan sewaktu menghadiri upacara sopan santun dirumah orang bau tanah atau mertua.

Pakaian Adat Lampung
3.    Tari-tarian Daerah Lampung

a.    Tari Jangget, ialah tarian untuk upacara-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran kebijaksanaan dan susila rakyat Lampung.
b.    Tari Melinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang dongeng rakyat Lampung. Menceritakan wacana kunjungan Sunan Gunung Jati keKEratuan Pugung. Sunan balasannya jatuh hati kepada Putri Sinar Alam yang sedang menarikan tari Melinting.
c.    Tari Negak Kayu Hagha, tari ini dianggap menurut tradisi tempat Lampung. Keseluruhannya menggambarkan muda-mudi ketika mereka bergembira ria mendirikan Kayu Hagha, permainan homogen panjat pinang yang diadakan sesudah pesta perkawinan.
d.    Tari Bedana, ialah tari pergaulan yang mengandung imbas seni dan budaya islam.

Tari Melinting
4.    Senjata Tradisioal

Senjata tradisioal Lampung, yang populer ialah Terapang. Ulu terapang terbuat dari kayu dengan goresan kepala orang atau burung sebagai lambing keberanian. Senjata populer lainnya ialah payan, beladau, penduk, badik, dan keris.
Terapang
5.    Suku

Suku dan marga yang terdapat di tempat Lampung adalah: Melayu, Lampung, Rawas, PAsemah, Semendo, dan lain-lain.

6.    Lagu Daerah : Lipang Lipangdang.

7. Bahasa Daerah : Lampung

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment