Kebudayaan Kalimantan Timur

Kebudayaan Kalimantan Timur

Sesudah melihat dan berkenalan dengan kebudayaan dari Provinsi Kalimantan Selatan, kali ini kita akan berkenalan dengan kebuadayaan dari Provinsi Kalimantan Timur yang masih berada di pulau Kalimantan. Seperti biasa, kita akan melihat bentuk rumah adat, pakaian adat, tari-tarian budaya, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah. Berikut uraian singkat dari budaya Kalimantan Timur :

1. Rumah Adat

Rumah etika Kalimantan Timur dinamakan Rumah Lamin. Rumah Lamin yaitu rumah etika suku Dayak Kenyah diKalimantan Timur. Rumah itu berbentu panggung setinggi 3m dari tanah dan dihuni oleh 25-30 kepala keluarga. Ujung atap rumah diberi hiasan kepala naga, simbol keangungan, akal luhur, dan kepahlawanan. Halaman rumah diisi oleh patung patung Blontang, menggambarkan yang kuasa dewa sebagai penjaga rumah atau kampung
Rumah Lamin Rumah Adat Kalimantan Timur
Rumah lamin terbagi atas ruang dapur, ruang tidur dan ruang tengah guna mendapatkan tamu atau pertemuan adat. Tangga untuk naik kerumah lamin terbuat dari satu pohon. Bentuk tangga ini tak berbeda antara rumah aristokrat dan rumah rakyat biasa. Dinding rumah terbuat dari katu diselingi daun rumbia, sedangkan kolong rumah dapan dipergunakan untuk memelihara ternak.

2. Pakaian Adat

Pria dari Kalimantan Timur menggunakan tutup kepala (topi) berhiaskan bulu bulu enggang, baju rompi dan kain tenun sebatas lutut. Sebuah tameng dengan hiasan yang khas berada ditangannya. Hiasan lainnya yaitu kalung yang terbuat dari tulang atau gigi binatang.
Sedangkan wanitanya menggunakan topi dengan hiasan yang khas baju rompi dan kain (rok) dengan warna dan hiasan yang khas pula. Perhiasan yang digunakan yaitu kalung dan beberapa gelang dikedua belah tangannya.
Pakaian Adat Kalimantan Timur
3. Tari tarian Daerah Kalimantan Timur

a. Tari Gong, dipertunjukkan pada waktu upacara penyambutan terhadap tamu agung. Dapat pula dipertunjukkan sewaktu kelahiran seorang bayi kepala suku. Tari ini bersumber dari tari tradisi Dayak Kenyah, yang merupakan adonan dari tari perang dan tari gong. Keseluruhannya menggambarkan dongeng dua orang perjaka yang memperebutkan seorang putri yang lalu bermetamorfosis menjadi seekor burung.

b. Tari Perang, tari yang mempertunjukkan pertarungan dua orang perjaka salam memperebutkan seorang gadis.

c. Hudug dan Belian, yaitu tari tarian yang mengandung kepercayaan magic untuk mengusir roh jahat yang menganggu.
Tari Gong
4. Senjata Tradisional

Di Kalimantan Timur pun, mandau merupakan sejata tradisional rakyatnya. Hulu mandau diberi ukuran burung enggang dengan hiasan rambut manusia. Dibuat oleh cerdik besi yang memiliki ilmu gaib.
Mandau yaitu semacam senjata yang berbentuk bendo dengan panjang kira kira 1/2m. Mandau itu ada dua macam. Pertama, mandau yang disebut Tampilan dan digunakan untuk perang dan upacara. Kedua, mandau yang biasa digunakan untuk keperluan sehari hari. Senjata lainnya yaitu bujak (senjata tombak), anak mandau, beliung, dan sumpit.
Mandau
5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Kalimantan Timur yaitu : Dayak, Tidung, Kenyah, Bulungan, Berusu, Kayan, Abai, dan lain lain.

6. Bahasa Daerah : Kenyah, Kayan, dan lain lain.

7. Lagu Daerah : Indung indung.
Loading...
SHARE
Subscribe to get free updates

Artikel Terkait

Post a Comment