Kebudayaan Jawa Timur

Iklan 728x90

Kebudayaan Jawa Timur

Jika Sebelumnya kita mebahas perihal Kebudayaan Daerah spesial Yogyakarta, kini kita akan membahas kebudayaan dari Jawa Timur (Jatim). Kita akan berkenalan dengan Rumah adat, pakaian adat, tari-tarian, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu tradisionalnya.


1. Rumah Adat

Rumah watak Jawa Timur dinamakan Rumah Situbondo. Rumah Situbondo merupakan model rumah watak Jawa Timur yang menerima efek dari rumah Madura. Rumah itu tidak memiliki pintu belakang dan tanpa kamar-kamar pula. Serambi depan tempat mendapatkan tamu laki-laki dan tamu perempuan diterima di serambi belakang. Mereka masuk dari samping rumah.
Rumah Adat Jawa Timur
2. Pakaian Adat

Pakaian watak yang digunakan prianya berupa tutup kepala (destar), baju lengan panjang tanpa leher dengan baju dalam warna belang-belang. Sepotong kain tersampir di bahunya dan dia menggunakan celana panjang sebatas lutut dengan ikat pinggang besar.
Sedangkan wanitanya menggunakan baju kebaya pendek dengan kain sebatas lutut. Perhiasan yang dipakainya yaitu kalung bersusun dan gelang kaki.
3. Tari-tarian Daerah Jawa Timur

a. Tari Remo, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut tamu agung.
b. Reog Ponorogo, merupakan tari tempat Jawa Timur yang mengatakan keperkasaan, kejantanan, dan kegagahan.
c. Tari Tandakan, yaitu jenis tari pergaulan yang digali dan digarap menurut tari tradisional yang berkembang didaerah Jombang, dan sekitarnya. Sebagai tari pergaulan maka tari ini bersuasana bangga dan berkesan akrab.
Tari Remo
4. Senjata Tradisional

Senjata yang sangat populer di Jawa Timur yaitu clurit. Clurit yaitu homogen arit dan bentuknya cukup mengerikan. Orang-orang Madura sering menyelipkan clurit di pinggangnya. Senjata lainnya di Jawa Timur yaitu sondre, kodi, tombak, pisau belati, dan arit bulu ayam.
Clurit
5. Suku : Suku dan marga yang terdapat di tempat Jawa Timur adalah: Jawa, Madura, Tengger, dan Osing.

6. Bahasa Daerah : Jawa, Madura

7. Lagu Daerah : Tanduk Majeng, Kerapan Sapi.
Loading...
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment