Kali ini kita akan melihat dan berkenalan dengan kebudayaan dari Bali. Siapa yang tidak kenal dengan pulau Dewata yang satu ini, yang merupakan pulau tujuan wisatawan baik luar dan dalam negeri. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kebudayaan dari Sulawesi Tenggara, kali ini kita akan berkenalan dengan rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, suku dan bahasa dari Bali. Berikut uraiannya :

1. Rumah Adat
Salah satu pola rumah budbahasa kawasan Bali disebut Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar merupakan pintu masuk istana raja yang merupakan pula rumah budbahasa di Bali. Gapura Candi Bentar dibentuk dari watu merah dengan ukir yiran dari watu cadas. Balai Benggong terletak pada sisi kanan dan Balai Wantikan terletak pada sisi kiri. Balai Benggong ialah tempat istirahat raja beserta keluarganya. Balai Wantikan ialah tempat laga ayam attau pegelaran kesenian. Kori Agung ialah pintu masuk pada waktu upacara besar. Kori Babetelan merupakan pintu untuk keperluankeluarga.
Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar
2. Pakaian Adat
Pakaian budbahasa laki-laki Bali berupa ikat kepala (destra), kain songket saput dan sebilah keris terlesip pada pinggang bab belakang.
Sedangkan wanitanya menggunakan dua helai kain songket, setagen songket atau meprada dan selendang atau senteng. Ia juga menggunakan hiasan bunga emas dan bunga kamboja diatas kepala. Perhiasan yang dipakainya ialah subang, kalung, dan gelang.
Pakaian Adat Bali
3. Tari tarian Daerah Bali
a. Tari Legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.ditarikan secara dinamis dan memikat hati.
b. Tari Kecak, sebuat tarian menurut dongeng dari Kitab Ramayana yang mengisahkan ihwal bala tentara monyet dari Hanoman dan Sugriwa.
c. Tari Jaran Teji, ialah jenis tari kreasi yang memanfaatkan gerak tari tradisi untuk menggambarkan keterampilan para prajurit penanggung uda yang bersiap siaga menuju medan perang.
Tari Legong
Tari Kecak
4. Senjata Tradisional
Keris sebagai senjata penduduuk Bali. Selain untuk membela diri, keris sanggup mewakili seseorang dalam suatu seruan pernikahan. Menurut iman sebagai penduduk Bali, kalau keris pusaka direndam dalam air putih akan menyembuhkan anggota keluarga dari gigitan hewan berbisa. Gagang keris yang terbuat dari kayu itu, ada pula yang berhiasan permata.
Selain keris terdapat pula tombak yang dipergunakan untuk berburu, berperang atau upacara pembakaran mayat. Juga terdapat golok yang dipergunakan untuk keperluan bertani serta untuk mempersiapkan upacara keagamaan.
Keris Bali
5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Bali ialah : Bali, Jawa, dan Madura.
6. Bahasa Daerah : Bali
7. Lagu Daerah : Janger

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment